top of page

Mengenal Siklus Birahi Kucing Betina Dan Cara Mengatasinya!

Updated: Jan 25


foto oleh unsplash


Sama seperti kebanyakan mamalia betina lainnya, kucing juga tentu saja akan mengalami masa birahi. Hal ini merupakan siklus fisik kucing dalam mempersiapkan tubunya untuk pembuahan serta kelahiran. Pada wanita, siklus ini disebut dengan “menstruasi” sedangkan pada kucing bentina disebut dengan “estrus”. Lalu, sebenarnya kapan siklus birahi kucing betina itu terjadi? Simak berikut penjelasannya!


Siklus Birahi Kucing Betina

Siklus birahi kucing betina terjadi setiap 14 sampai 21 hari. Kucing betina yang tidak disteril biasanya akan mengalami siklus birahi pertama pada usia 4 bulan walaupun rata-rata usia yaitu 5-9 bulan untuk kebanyakan kucing.

Untuk mengetahui apakah kucing sedang di masa birahi atau tidak bisa dilihat dari kadar hormon kucing. Namun sayang, tidak ada cara mudah untuk mengukur kadar hormon kucing sehingga untuk mengetahuinya kita bisa melihat perubahan perilakunya. Ada beberapa tahapan siklus birahi kucing betina, yaitu:


Tahap Proestrus

Siklus birahi kucing betina pertama yaitu proestrus. Selama fase ini, kucing betina akan menarik jantan yang tidak dikebiri namun kucing tersebut belum mau kawin. Proestrus biasanya akan berlangsung selama satu sampai dua hari. Pada tahapan ini, biasanya kucing betina tidak menunjukkan tanda-tanda yang terlihat.


Tahap Estrus

Setelah tahap proestrus, kucing betina akan memasuki tahap estrus atau birahi. Selama kurang lebih 1 minggu, kucing akan menarik perhatian jantan dan mau kawin. Di tahap ini, kucing betina akan bersuara keras, menggosok-gosokan badannya, berguling-guling serta mengangkat pantatnya.

Kucing betina juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Apabila kucing betina kawin selama masa estrus, maka akan terjadi ovulasi. Proses kawin ini akan merangsang produksi hormon yang akan memicu ovulasi. Kucing benita perlu kawin sekitar 4-6 kali selama estrus untuk hamil. Kucing betina juga kemungkinan akan kawin dengan beberapa jantan.


Tahap Interestrus

Apabila kucing betina tidak kawin atau hamil selama masa estrus, maka kucing tersebut akan melanjutkannya ke tahap interestrus. Pada tahapan ini, tingkat estrogen-nya akan turun dan kucing tidak akan menunjukkan tanda khusu. Setelah sekitar 2 hari sampai 3 minggu, kucing akan kembali birahi. Siklus ini akan terus berlanjut sepanjang musim kawin sampai kucing hamil.


Tahap Anestrus

Anetrus merupakan periode dorman reproduksi untuk kucing betina. Pada tahap ini, hormon reproduksi tidak aktif dan tidak akan ada aktivitas siklus estrus. Untuk kucing liar, siklus birahi terjadi saat musim panas dimana produksi hormon kucing dirangsang oleh cahaya. Sementara untuk kucing rumahan bisa terpapar cahaya buatan dalam waktu yang lama sehingga akan terus mengalami siklus birahi sepanjang tahunnya.


Tanda-Tanda Kucing Sedang Birahi Dan Cara Mengatasinya!

Ada beberapa tanda kucing sedang birahi. Dan berikut ini beberapa tanda jika kucing betina anda sedang berada di masa birahi:

  • Menjadi sangat penyayang

  • Grooming secara berlebihan

  • Sering bersuara/mengeong

  • Menjadi lebih sensitif

  • Ingin keluar kandang atau keluar rumah untuk bertemu kucing jantan

Diatas merupakan beberapa tanda kucing sedang birahi yang sebaiknya diketahui. Kucing betina yang sedang birahi juga akan mengalami perubahan perilaku sehingga ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi kucing betina sedang birahi:

  • Kawinkan kucing anda dengan kucing jantan

  • Atur kandang tempat tidurnya menjadi lebih hangat.

  • Masukkan ke ruang isolasi.

  • Berikan aroma yang bisa membuat kucing menjadi tenang.

  • Beri obat penenang yang dianjurkan oleh dokter hewan.

  • Atau pertimbangkan untuk melakukan sterilisasi

Untuk kucing betina yang terlalu muda, harap diperhatikan siklus ini karena kehamilan terlalu dini juga bisa berakibat kurang baik bagi induk maupun anak kucing. Untuk kucing yang sudah senior, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk melakukan steril di dokter hewan terdekat untuk mengurangi risiko terjadinya pyometra.


Nah, Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kucing betina yang sedang birahi. Siklus birahi kucing betina memang penting untuk diketahui oleh semua pemilik hewan bulu ini. Setelah masa birahi biasanya kucing akan mengalami kehamilan yang berlangsung selama 63 hari. Jarak kehamilan dengan kehamilan selanjutnya terjadi selama 8 minggu. Jadi, jika anda tidak ingin menambah kucing baru lagi, lebih baik steril kucing betina anda. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Manfaat Sterilisasi bagi Kucing, Anda Perlu Tahu!
23 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page