Manfaat Grooming Bagi Kucing Yang Harus Anda Ketahui


foto oleh unsplash


Menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan seperti kucing memang penting untuk dilakukan. Kadang jika kucing kurang terawat maka akan rentan terkena kutu dan penyakit yang membuat kesehatannya terganggu. Terlebih lagi jika yang dipelihara merupakan kucing ‘ras’ tentu membutuhkan perawatan dan perhatian ektra. Perawatan seperti memandikan dan grooming kucing harus dilakukan secara rutin dan teratur untuk menjaga kesehatannya.

Grooming merupakan salah satu aktivitas untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kucing secara rutin. Dengan melakukan grooming secara berkala maka bisa mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang kucing. Misalnya saja jamur, kutu, parasit dan lainnya. Selain itu, dengan melakukan grooming maka bisa memantau kondisi kesehatan kucing dengan baik.


Inilah Beberapa Manfaat Grooming Kucing

Grooming kucing memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai penyakit. Yang penting grooming dilakukan secara rutin dan terjadwal. Selain itu, pastikan untuk memperhatikan teknik perawatan yang dilakukan agar membuat kucing lebih nyaman dan sehat. Lalu, apa saja manfaat grooming untuk kucing? Simak berikut ini beberapa manfaatnya!


Membersihkan Kucing Dari Bakteri dan ektoparasit.

Salah satu manfaat dari grooming atau perawatan kucing adalah untuk menjaga kebersihan kucing dari bakteri dan ektoparasit. Ektoparasit adalah parasit yang tinggal diluar tubuh inang. Untuk kucing, jenis ektoparasit yang biasanya ada adalah pinjal, kutu dan tungau. Jika kucing tidak diperhatikan kebersihannya maka akan rentan terkena kutu dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Salah satu penyakit parah yang dapat disebabkan ektoparasit adalah anemia karena ada ektoparasit yang mengambil darah inangnya. Dengan perawatan yang terjadwal maka semua penyebab penyakit tersebut bisa dihindarkan.


Mencegah Rontok Pada Bulu

Jika perawatan dilakukan dengan baik maka akan membantu mencegah rontok bulu pada kucing. Biasanya kucing yang kurang terawat akan menyebabkan adanya kutu yang bisa memicu kucing terus menggaruk. Nah, hal ini yang mengakibatkan bulu kucing rentan mengalami kerontokan.


Menjaga Kesehatan Kuku Kucing

Grooming kucing juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bagian kuku kucing. Namun, untuk memotong dan membersihkan kuku kucing sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar kucing tidak berontak dan marah. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan kucing dalam kondisi nyaman.


Mencegah Gumpalan Bulu (Hairball)

Dalam perawatan kucing tentu saja bulu-bulu rontok yang menempel akan dibersihkan dengan baik. Untuk itulah tidak heran jika perawatan pada kucing yang dilakukan secara berkala dan teratur akan mencegah terjadinya gumpalan bulu. Penumpukan bulu pada kucing tentu membuatnya tidak nyaman sehingga membuatnya sering menggaruk. Hal ini bisa memicu kerontokan pada bulu lainya. Untuk itulah penting agar melakukan perawatan atau grooming untuk kucing. Hairball bisa mengganggu pencernaan anabul. Hal ini patut diwaspadai terutama bagi Anda yang memiliki anabul berbulu panjang.


Menjaga Kucing Agar Tetap Nyaman

Apabila kucing dalam kondisi sehat, bersih dan wangi tentu saja akan membuatnya lebih nyaman. Hal ini juga yang membuat kucing terhindar dari stress. Pasalnya jika kondisi tubuhnya bersih dari kutu dan bakteri maka kucing tidak akan sibuk menggaruk-garuk tubuhnya.


Rekomendasi Tempat Grooming Kucing Terbaik Di Kawan Hewan

Mengingat pentingnya grooming kucing, tentu saja harus dilakukan dengan baik dan benar. Jika Anda ingin melakukan perawatan tersebut, pahami terlebih dahulu tahapan dan caranya. Hal ini agar kucing lebih nyaman saat diberikan treatment tersebut.

Namun jika ingin menggunakan jasa perawatan kucing maka Kami merekomendasikan Petshop Kawan Hewan. Di Petshop tersebut tidak hanya melayani perawatan saja, namun tersedia juga klinik dokter hewan sehingga bisa sekaligus melakukan konsultasi mengenai kesehatan kucing.

Anda juga bisa membeli kebutuhan hewan peliharaan mulai dari aksesoris, obat, dan pakan (kucing, anjing, ikan dan burung). Semua kebutuhan untuk hewan peliharaan Anda tersedia dengan lengkap di Kawan Hewan.

Jam operasional Kawan Hewan setiap hari (Senin-Minggu) mulai dari Jam 08:00 – 20:00 WIB. Adapun untuk alamat Petshop Kawan Hewan yaitu Ruko Grand Bunder 2 Kavling 13 A Graha Bunder Asri (GBA), Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Cek letaknya disini ya.

Semoga bermanfaat.


Baca juga : Penyebab Kutu Kucing dan Cara Menghilangkannya Dengan Mudah
40 views0 comments