Ayam Bekisar, Ayam unik yang Menjadi Maskot Kabupaten Sumenep


foto oleh greeners.co


Ayam merupakan salah satu hewan yang paling banyak digemari terutama untuk dikonsumsi dagingnya. Daging ayam dijadikan sebagai sumber protein, mineral serta vitamin yang cukup baik untuk tubuh. Namun, ayam juga tidak hanya dijadikan sebagai hewan konsumsi saja, kini banyak juga yang memilih ayam sebagai hewan peliharaan.

Alasan pemilihan ayam sebagai hewan peliharaan juga beragam. Mulai dari postur tubuh yang unik seperti ayam serama hingga warna yang serba hitam seperti ayam cemani. Salah satu jenis ayam peliharaan yang cukup terkenal dan berasal dari Indonesia adalah ayam bekisar.


Sekilas Tentang Ayam Bekisar

Sama halnya dengan burung, anda juga akan menemukan beberapa jenis ayam yang salah satunya yaitu ayam bekisar. Berbicara tentang ayam bekisar, sebagian orang memang masih asing dengan salah satu jenis ayam satu ini. Namun, banyak yang asing dengan ayam jenis, siapa sangka ternyata ayam bekisar juga menjadi salah satu maskot di salah satu kabupaten.

Ayam bekisar merupakan salah satu jenis ayam hasil dari persilangan antara ayam hutan merah atau ayam hutan hijau untuk jantan dengan ayam kampung untuk betina. Ayam bekisar banyak sekali diminati karena suara kokoknya yang khas dan keindahan bulunya. Umumnya ayam jenis ini dipelihara sebagai ayam hias terutama untuk ayam bekisar jantan. Mengapa hanya ayam jantan? Hal ini tentu dikarenakan ayam bekisar jantan terkenal pandai tarik suara serta warna bulunya yang lebih menarik dibandingkan betina.

Dulu ayam bekisar hanya akan anda jumpai di Kangean yang merupakan sebuah pulau kecil sebelah Timur Pulau Madura Kabupaten Sumenep. Namun seiring berjalannya waktu ayam ini tersebar ke seluruh Pulau Madura dan penyebarannya meluas hingga ke berbagai tanah air. Karena merupakan ayam persilangan asli dari Sumenep maka dari dulu hingga sekarang ayam bekisar telah ditetapkan menjadi maskot Sumenep.


Jenis Dan Ciri Fisik Ayam Bekisar

Berdasarkan tipenya, ayam bekisar terdiri dari tiga jenis, yaitu:

· Gallus Aenus, ayam bekisar berjengger dengan 8 gerigi kecil.

· Gallus Temmiinckii, ayam bekisar berjengger dengan 6 gerigi.

· Gallus Violaceus, ayam bekisar berjengger bergerigi bagus.

Sementara ciri fisik yang sangat khas dari ayam bekisar yaitu memiliki bentuk bulu leher dimana pada bagian ujungnya bulat atau lonjong (bukan lancip). Ayam bekisar saat ini bisa anda temukan dengan berbagai jenis. Namun, ada beberapa jenis yang terkenal karena kehandalannya yaitu seperti ayam bekisar Kangean Madura (dihasilkan dari induk betina satu warna seperti merah, hitam, putih, abu-abu dan kuning), ayam bekisar Multi-warna Solo (yang kaya akan warna serta suaranya yang nyaring dan ukuran tubuh sedang).

Ada juga ayam bekisar putih Yogya (berwarna putih mulai dari paruh serta telapak kaki, dan berwarna kemerahan pada bagian jengger, cuping dan pial). Lalu ada ayam bekisar Hitam Parakan (ayam bekisar persilangan antara kedu hitam betina dengan bentuk tubuh tinggi, tegap, bulu hitam dan besar). Terakhir ada ayam bekisar merah solok yang merupakan ayam dari hasil persilangan ayam hutam merah untuk jantan dengan ayam betina Yungkilok.

Selain merupakan salah satu ayam yang ideal jika dijadikan sebagai hewan peliharaan, ayam bekisar juga memiliki harga jual yang tinggi bahkan bisa sampai jutaan rupiah. Ayam bekisar memiliki suara yang bagus dan keras bahkan suara kokoknya bisa terdengar sejauh 1 mil. Harga jual ayam ini juga akan lebih tinggi jika sudah menjadi juara di sebuah kontes ayam. Bahkan harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Nah itulah sekilas tentang ayam berkisar yang sebaiknya anda ketahui. Tertarik untuk memeliharanya? Tunggu apalagi segera pilih jenis ayam berkisar yang anda inginkan dan pelihara dengan sebaik mungkin!

2 views0 comments