Inilah Sekilas Tentang Cara Merawat Dan Nutrisi Makanan Kucing Hamil Yang Tepat


foto oleh unsplash


Sama halnya seperti ibu hamil, kucing hamilpun tentu saja membutuhkan asupan nutrisi yang ekstra untuk memastikan jika janin kucing dalam kandungan bisa terus berkembang dengan baik. Sebagai pemilik yang telah mengetahui jika kucingnya tengah hamil sudah pasti anda perlu benar-benar ekstra memperhatikan kesehatannya. Nah, khusus untuk anda yang memiliki kucing hamil, simak berikut cara merawat serta nutrisi makanan kucing hamil yang sebaiknya diketahui!


Cara Merawat Kucing Hamil

Kehamilan pada kucing rata-rata akan berlangsung sekitar 65 hari – 72 hari. Selama kehamilannya sudah pasti kucing akan mengalami kenaikan berat badan dan seiring bertambahnya usia kandungan, aktivitasnya juga mulai berkurang. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian bagi para pemiliknya. Berikut ini cara merawat kucing hamil yang wajib diketahui:


Jagalah Kesehatan Kucing

Menjaga kesehatan kucing pada dasarnya memang tidak hanya dilakukan ketika kucing sedang hamil. Namun karena konteks awalnya kita membahas tentang kucing hamil, maka cara merawat kucing pertama adalah dengan menjaga kesehatan kucing.

Saat hamil, kucing akan cukup rentan terhadap berbagai penyakit sehingga anda perlu benar-benar menjaganya. Pastikan rutinlah membersihkan kandang, tempat makan & minum serta tempat kotorannya secara rutin. Tak lupa, anda juga perlu memberikan vitamin ibu hamil yang sudah diresepkan dokter hewan. Tujuannya, agar kucing anda tidak mudah terserang penyakit dan virus.


Perhatikanlah Asupan Makanannya

Selain menjaga kesehatan kucing dalam hal kebersihannya, anda juga wajib memperhatikan asupan makanannya. Pastikan cukupi kebutuhan nutrisinya dengan makanan yang sehat dan tepat. Anda juga harus rajin memberikannya air minum bersih agar kucing hamil tidak mudah dehidrasi.


Vaksinasi dan kekebalan turunan

Selanjutnya, untuk meningkatkan harapan hidup kitten ada baiknya anda melakukan vaksinasi lengkap sebelum kucing anda hamil. Kekebalan dari induk (maternal immunity) diturunkan melalui kolostrum susu induk. Kekebalan ini adalah bekal sangat penting pada kitten untuk melawan penyakit menular.


Baca juga : Mengenal Immunity Gap Dan Fase Kritis Pertumbuhan Kittern!

Berikan Perhatian Lebih

Terakhir, anda juga harus memberikan perhatian lebih kepada kucing anda merasa nyaman dan tidak stress. Sering-seringlah mengajaknya bermain dan mengelus tubuhnya. Walaupun sederhana namun cara ini juga termasuk cara merawat kucing hamil.


Nutrisi Makanan Kucing Hamil Yang Sebaiknya Diketahui

Poin utama dari merawat kucing hamil adalah memperhatikan asupan makanannya. Ya, cara merawat kucing hamil terbaik adalah dengan mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing hamil melalui makanan.

Perlu anda ketahui bahwa kucing hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan kucing yang tidak hamil. Pasalnya asupan nutrisi tersebut tidak hanya untuk kebutuhan tubuhnya saja melainkan pertumbuhan anaknya yang ada di dalam perut.

Walaupun pada dasarnya membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak, namun bukan berarti anda memberikan makanan berlebihan. Kucing hamil memang akan mengalami kenaikan berat badan namun disarankan agar kucing tersebut tidak mengalami kenaikan diatas 40% dari berat badan idealnya. Kelebihan berat badan (obesitas) bisa menyebabkan komplikasi saat kelahiran dan bisa menjadi masalah kesehatan untuk kucing.


Cara Tepat Memberikan Makanan Kucing Hamil

Pemberian makan dan pemilihan makanan kucing hamil benar-benar perlu diperhatikan. Pada awal kehamilan, anda disarankan untuk memberikan makanan yang kaya akan lemak. Hal ini bertujuan untuk mendukung kehamilan serta meningkatkan produksi susu.

Di hari berikutnya, anda bisa mengalihkan makanan secara bertahap dengan mencampurkan makanan yang sudah ada dengan makanan baru dengan presentase 75% makanan lama dan sisanya makanan baru. Setelah satu minggu kehamilan, anda bisa meningkatkan presentase makanan baru sampai 100%. Hal tersebut tentu bertujuan untuk mencegah gangguan pencernaan.

Memasuki minggu terakhir kehamilan, kucing akan membutuhkan energi yang lebih besar yaitu sekitar 70% lebih banyak dari biasanya. Untuk mencukupinya, anda bisa memberikan makanan padat tanpa perlu menambahkan makanan lain. Tujuannya agar makanan tersebut mudah dicerna oleh kucing hamil.

Timbanglah kucing anda secara rutin dan pastikan selalu menyesuaikan porsi makanannya. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membantu anda mengontrol berat badan kucing kesayangan agar tidak mengalami kenaikan berlebih selama kehamilan.


Lalu, Jenis Makanan Kucing Hamil Apa Yang Paling Tepat?

Seiring dengan semakin banyaknya orang yang memelihara hewan peliharaan seperti kucing, maka sudah pasti semakin banyak juga toko yang menyediakan semua makanan untuk kucing termasuk makanan kucing hamil. Anda bisa mencari jenis makanan kucing hamil yang memiliki kandungan nutrisi seimbang. Beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan seperti:

  • Vitamin B1.

  • Vitamin B3.

  • Vitamin B5.

  • Vitamin C.

  • Vitamin A.

  • Vitamin D3.

  • Vitamin E.

  • Vitamin K.

  • Fosfor.

  • Hemoglobin.

  • Magnesium.

  • Protein.

  • Kalsium.

Selain nutrisi tersebut diatas, Asam folat atau vitamin B9 juga merupakan nutrisi kunci untuk kucing hamil. Biasanya jika kekurangan, kucing bisa saja mengeluarkan perilaku aneh untuk mendapatkan nutrisi ini. Perilaku tersebut antara lain adalah memakan rumput. Rumput mengandung asam folat meski kandungannya tidak sebesar makanan khusus kucing hamil.


Carilah makanan kucing hamil yang memiliki kandungan nutrisi diatas. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu kucing dan anaknya yang masih dalam perut. Tugas anda sebagai pemilik juga tidak hanya ketika kucing sedang hamil saja, anda juga tetap harus memperhatikannya bahkan ketika sudah melahirkan. Pastikan penuhi asupan nutrisinya agar induk dan anaknya tetap sehat!

10 views0 comments