Ingin Punya Hamster Campbell? Begini Cara Merawatnya!


foto oleh unsplash


Hamster Campbell merupakan salah satu jenis hamster yang juga cukup mudah ditemukan di Indonesia. Berbeda dengan jenis Syrian yang umumnya bertubuh besar hamster ini cenderung kecil dan mungil. Cara merawat hewan lucu satu ini cukup mudah, namun sebelum itu simak terlebih dahulu sejarah dan ciri-cirinya.

Jenis Campbell ditemukan oleh seseorang bernama W.C Campbell pada tahun 1902. Jadi tidak heran mengapa nama hamster ini diambil dari nama penemunya. Habitat hamster ini aslinya ditemukan di kota Mongolia atau di daerah antara Cina dan Rusia. Maka dari itu hewan mungil ini juga sering disebut Russian hamster, punya kedekatan genetik dengan jenis hamster winter white.

Ciri-Ciri Hamster Campbell

Campbell memiliki ciri-ciri khusus yang cukup berbeda dengan jenis hamster lainnya. Simak berikut ini:

● Hamster bersifat nokturnal pada saat dikandangkan atau dipelihara. Hewan nocturnal adalah hewan yang punya aktivitas di malam hari dan tidur di siang hari. Hamster di alam liar sendiri sebenarnya bersifat crepuscular yaitu aktif pada saat senja dan subuh. Pada saat cahaya remang-remang di peralihan hari dan malam. Hal ini dipercaya merupakan salah satu upaya hamster untuk menghindari suhu yang terlalu dingin atau panas dan juga predator alami.

● Memiliki panjang tubuh 9 cm sampai 15 cm

● Suka menggigit sehingga sering disebut nippy bitter

● Hidup berkelompok, maka dari itu sebaiknya ketika membeli Campbell, beli beberapa pasang. Berbeda dengan hamster Syria yang bersifat soliter.

● Mampu hidup mencapai 2 tahun

● Punya masa subur lebih singkat yaitu hanya 3 hari

● Siap dikawinkan pada usia 3 bulan

Baca juga : Penasaran Tentang Hamster Syrian? Simak Di Sini!

Cara Mudah Merawat Hamster Campbell

Cara merawat hamster Campbell tidak terlalu susah namun Anda tentu tetap harus telaten.

Siapkan Kandang

Campbell sangat lincah dan gesit oleh karena itu pastikan jarak pandang antara jeruji besi tidak terlalu renggang dan kuat. Karena hewan ini bisa memikirkan dirinya untuk keluar dari kandang. Anda bisa memilih kandang hamster di toko aksesoris hewan dan pilih sesuai dengan kebutuhan hamster.

Anda juga harus memastikan bahwa kandangnya selalu bersih agar Campbell terhindar dari penyakit kulit, parasit, stress dan lainnya.

Memilih Serbuk Kayu

Pilih serbuk kayu dalam ketebalan hingga 3 cm dari alas kandang. Serbuk kayu memiliki fungsi tidak hanya sebagai alas tidur tapi juga media penyerap kencing hewan ini. Serbuk kayu tentu juga menjadi tempat berlindung dari kepanasan dan kedinginan.

Anda bisa menggunakan serbuk kayu lokal atau serbuk impor yang harganya lebih mahal.

Perhatikan Pakan Campbell

Untuk makanan hamster Campbell sebaiknya berikan yang tidak terlalu mengandung lemak. Makanan utama dari hamster ini adalah biji-bijian kering untuk mengasah giginya yang mudah panjang setiap hari. Sementara untuk camilan, Anda bisa memberikan jenis sayuran seperti wortel, sawi putih, jagung dan juga toge.

Untuk sumber protein karbohidrat lemak dan vitamin, biji-bijian yang harus diberikan adalah kacang hijau, kacang tanah, kedelai, gandum oat, biji kenari barley, dan masih banyak lagi. Hamster sangat menyukai kuaci atau biji bunga matahari, namun jangan selalu memberikan makanan ini karena bisa menyebabkan obesitas pada hamster.

Hamster bisa juga menjadi kanibal jik dia sangat lapar. Karena itu berilah pakan secara rutin.

Cara Mengawinkan Campbell

Sebaiknya mengawinkan Campbell pada usia minimal 3 bulan. Usia subur hewan ini yaitu 3 hari sekali. Untuk mengawinkannya, pastikan usia hewan jantan lebih tua daripada betina.

Persiapan perkawinan, siapkan kandang untuk sepasang Campbell. Letakkan Campbell jantan terlebih dahulu selama 48 jam, setelah itu masukkan Campbell betina yang sudah siap untuk dikawinkan. Masa kehamilan Campbell betina yaitu 15 sampai 20 hari.

Setelah nantinya induk betina melahirkan anak, jangan sekali kali langsung menyentuh anak hamster. Hal ini akan menyebabkan bau tubuh manusia menempel pada anak hamster dan menyebabkan induk hamster merasa anaknya terancam. Karena stress ini, kadang induk betina memakan anak hamster (kanibal). Walaupun kelihatanya kejam, hal ini mungkin terjadi karena induk betina kasihan pada anak hamster yang telah tercemar bau manusia. Induk betina berusaha mengurangi penderitaan anak hamster tersebut dengan cara tersebut. Berikan induk betina privasi dan setelah 30 hari, baru Anda dapat memisahkan anak hamster dari induknya dan bebas memegangnya.

Jauhkan Dari Pemangsa

Anda harus menjauhkan kandang hewan pengerat ini dari para pemangsanya, seperti burung, kucing dan anjing. Jika anda juga memelihara beberapa predator tersebut, maka sebaiknya kandang Campbell ditempatkan di ruangan yang lebih aman.


Keunikan Dari Hamster Campbell

Campbell memiliki beberapa keunikan yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara hewan lucu satu ini.

● Campbell merupakan hewan padang rumput.

● Punya jenis bulu dan warna yang bervariasi.

Jenis hamster Campbell cukup banyak, mulai dari Black Eye Lilac, Bandit Campbell, Blue Fawn, Dove, Beige, Champagne, Mottled, Campbell, Blue Beige, Black, Albino, Opal, Lilac Fawn, Argente Red Eye, Chocolate, Argente Black Eye dan Red Eye Lilac.

Demikian beberapa cara merawat dari hamster Campbell. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman Anda, agar semakin banyak orang yang mengenal hewan pengerat ini!

Baca juga : Memelihara Hamster untuk Pemula, Ini Tips Mudah Perawatannya

#hamstercampbell

#merawathamstercampbell

#hamsterkanibal

199 views0 comments