Nyaman Dipeluk, Inilah Jenis Kucing Paling Berbulu Menggemaskan Yang Wajib Anda Miliki!


foto oleh pixabay


Saat memutuskan untuk memelihara seekor kucing, ada beberapa hal yang biasanya menjadi pertimbangan. Misalnya mulai dari jenis kelamin hingga ras kucing yang akan dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tak hanya dua hal itu saja, beberapa orang juga memilih kucing berdasarkan bulunya. Ya, banyak orang yang memilih kucing yang memiliki bulu lebat. Hal ini tentu saja dikarenakan kucing dengan bulu lebat ini sangatlah nyaman jika dipeluk.

Saat ini ada banyak sekali jenis kucing paling berbulu atau kucing berbulu lebat yang bisa menjadi pilihan anda. Penasaran apa saja jenis kucing tersebut? Simak berikut ulasannya!


Inilah Jenis Kucing Paling Berbulu Menggemaskan Yang Nyaman Untuk Dipeluk!

Kucing dengan bulu pendek pada dasarnya memang tidak merepotkan dan cenderung mudah perawatannya dibandingkan dengan kucing dengan bulu lebat. Namun, kucing berbulu lebat memang punya daya tarik khusus karena lebih menggemaskan. Siapapun yang melihatnya sudah pasti ingin memeluknya karena bulunya yang terlihat lembut seperti selimut.

Nah bagi anda yang kini sedang mencari jenis kucing paling berbulu atau kucing berbulu tebal, berikut beberapa jenis kucing berbulu lebat yang direkomendasikan untuk anda:

1. Persia

Pertama, anda bisa kenalan dengan kucing Persia. Kucing ini sudah pasti cukup familiar di kalangan cat lovers Indonesia. Kucing Persia memiliki bulu yang tebal dan panjang terutama di bagian ekor, leher dan perut sehingga postur tubuhnya terlihat besar padahal sebenarnya tidak.

Namun bagi anda yang memelihara kucing jenis ini siap-siap cukup kewalahan dalam merawat bulunya. Kucing Persia memang tergolong kedalam ras kucing dengan perawatan yang cukup sulit terutama perawatan bulu. Anda perlu rutin membersihkannya serta memastikan agar bulunya tidak menempel satu sama lain.

2. Norwegian Forest

Selanjutnya ada Kucing Norwegian Forest. Kucing ini berasal dari hutan-hutan Eropa sehingga kucing jenis ini beradaptasi dengan bulunya yang sangat tebal dan panjang. Dikarenakan saking tebalnya, banyak yang menyebutnya sebagai “Mantel”. Nah, bulunya ini tentu saja berfungsi untuk menjaga temperatur tubuh agar tetap hangat terutama saat malam hari dan musim dingin.

Menariknya, bulu Norwegian Forest juga memiliki sifat waterproof. Jadi, ketika hujan maupun salju, tubuhnya akan tetap hangat. Walaupun berasal dari hutan dan nenek moyangnya merupakan kucing liar namun Kucing Norwegian Forest tergolong kedalam kucing yang pintar, jinak serta ramah.

3. Maine Coon

Tubuh yang besar melampaui kucing-kucing jenis lainnya merupakan ciri khas dari Kucing Maince Coon. Ya, ras kucing yang satu ini bisa tumbuh hingga 1 meter dengan berat 11 kg, Tubuhnya yang jumbo ini lebih menggemaskan dengan bulunya yang lebat dan tebal.

Area tubuh yang paling berbulu dari Maince Coon yaitu pada bagian leher dan kakinya. Bulu-bulu tebal ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari salju selama musim dingin. Nah, jika anda memeliharanya maka anda perlu rutin menyikat serta menyisir bulunya karena bulu Maine Coon akan menjadi keriting jika tidak dirawat dengan baik.

Maine coon juga salah satu ras kucing yang bisa akur dan dipelihara bersama anjing.

4. Ragdoll

Jika anda sedang mencari kucing yang nyaman dipeluk maka jawabannya yaitu Ragdoll. Ya, Ragdol merupakan ras kucing yang sangat nyaman untuk dipeluk. Pasalnya mereka memiliki bulu yang lebat serta halu layaknya kain satin. Wajahnya yang sangat imut juga tentu menjadi nilai plus kucing ini untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Anda dijamin tidak akan bosa bermain dengan kucing ini. Walaupun bulunya yang lebat, kucing ini tidak memiliki undercoat atau bulu dalam untuk menjaga suhu kucing. Sehingga perawatan bulunya akan lebih mudah karena tidak akan mudah menempel dan kotor. Anda hanya perlu menyikatnya minimal seminggu 2 kali saja.

5. Birman

Jenis kucing paling berbulu yang terakhir yaitu Birman. Kucing ini merupakan kucing ras yang berasal dari Burma, Myanmar. Birman memiliki bulu yang lebat dan halus walaupun tidak setebal persia. Sama halnya seperti Ragdoll, kucing ini juga tidak memiliki undercoat sehingga bulunya sangatlah halus.

Ciri khas dari kucing ini yaitu memiliki warna bulu yang gelap pada wajah, telinga dan ujung kaki. Dan uniknya, warna tersebut baru akan muncul ketika Kucing Birman beranjak dewasa. Saat masih kecil, bulunya terlihat lebih putih dan bersih.

Nah itulah jenis kucing paling berbulu yang perlu anda ketahui. Selain kelima kucing diatas, ada beberapa ras kucing yang bisa masih termasuk kedalam jenis kucing berbulu lebat dan tebal yaitu seperti Sirberian Forest, Somali, Himalayan dan Rafamuffin. Share ya!