Makanan agar kucing menjadi lebih gemuk


foto oleh pixabay


Makanan kucing sangat penting dan mempengaruhi kondisi kucing kesayangan kita pawrent. Hewan peliharaan kucing banyak disuka karena lucu dan gempalnya itu. Nah oleh karenanya perlu perhatikan makanan kucing untuk gemuk. Jangan sampai kucing kesayangan kita jadi kurus kering. Harus dirawat dengan baik. Makanan kucing yang bagus juga harus diberikan sesuai jenis kucing dan juga porsi yang sesuai dengan ukuran tiap kucingnya.


Penyebab Kucing menjadi Kurus

Sebelumnya perlu pawrent ketahui dulu apa saja faktor yang bisa menyebabkan kucing kesayangan menjadi sangat kurus

Kurang Nutrisi

Kekurangan nutrisi pada makanan yang diberikan setiap harinya akan membuat kucing menjadi kurus meski kelihatannya sudah makan banyak.

Salah satu contoh kekurangan nutrisi namun tidak disadari ini adalah pemberian karbohidrat yang berlebih. Karbohidrat seperti nasi, roti dan makanan manis lain sejatinya tidak diperlukan dalam jumlah banyak karena kucing merupakan hewan karnivora sejati. Jika kucing kurus kemudian malah diberikan banyak karbohidrat, maka sistem pencernaannya malah dapat terganggu.

Kurang Nafsu Makan

Kucing juga bisa kehilangan nafsu makan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Untuk mengatasi hal ini perlu diberi vitamin pemicu nafsu makan atau diganti jenis makanannya.

Sakit

Kucing yang sedang sakit, juga akan menjadi kurus. Sehingga perlu perhatikan kondisi kucing kesayangan tiap saat dan ajak ke dokter hewan ketika sakit supaya bisa ditangani dengan tepat.


Jenis Makanan Kucing

Makanan kucing Persia maupun makanan kucing anggora atau jenis kucing lainnya, bisa terdiri dari 3 jenis makanan sebagai berikut.

Raw Food atau Makanan Mentah

Makanan penggemuk kucing ini dari bahan mentah tanpa proses pengolahan. Bahannya bisa berupa daging cacah dari ayam atau daging sapi yang tanpa lemak atau ikan. Jenis ikan yang paling sering digunakan ialah ikan yang tak terlalu banyak durinya dan memiliki daging ikan yang cukup tebal serta harga yang tak terlalu mahal seperti ikan tongkol misalnya. Khusus untuk ikan, terdapat enzim yang dapat merusak Thiamin (vitamin yang esensial bagi kucing), sehingga mutlak perlu dimasak terlebih dahulu.

Selain itu, supaya lebih kurang steril dan tidak mudah basi maka bisa dimasak atau dipanaskan dahulu daging atau ikan yang akan diberikan pada kucing kesayangan.

Wet Food atau Makanan Basah

Makanan kucing ini sangat efektif untuk penggemukan kucing. Bentuknya biasa dijual dalam kaleng atau kemasan pouch. Teksturnya lembek sehingga mudah dikunyah dan berair dengan aroma yang masih tajam. Bahannya bisa berupa ikan atau daging dengan tambahan vitamin dan aneka mineral. Bisa dikatakan ini adalah makanan kucing terbaik karena selain awet selama masih belum dibuka dari kemasannya, tapi juga masih mampu menggugah selera dan nafsu makan kucing. Namun jika telah dibuka dan dikeluarkan dari kemasannya maka makanan basah ini harus segera dihabiskan, jangan sampai menjadi basi.

Dry food atau Makanan Kering

Makanan kucing ini sangat praktis dan awet serta mampu bertahan lama bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Biasa dijual dalam bentuk kiloan sehingga bisa menjadi makanan kucing murah yang banyak diminati karena praktis juga. Namun sayangnya aroma makanan kering ini agak kurang menggugah selera dan kadang kucing kesayangan menjadi bosan. Sehingga perlu dilakukan kombinasi dalam memberikan makanan pada kucing peliharaan.


Nah itulah sekilas tentang makanan yang dibutuhkan agar kucing menjadi gemuk. Kucing gemuk memang lebih imut dan menggemaskan, namun jangan lupa supaya tidak obesitas atau overweight. Selalu rutin bawalah anabul Anda ke dokter hewan terdekat untuk menjaga kesehatannya (dan kelucuanya). Semoga bermanfaat.