Yuk Kenalan Dengan Kelinci Rex, Si Cantik Yang Menggemaskan!



foto oleh wikimedia .org


Kelinci rex adalah hewan berbulu unik yang cantik. Hewan ini biasanya dipelihara sebagai kelinci hias. Namun ada juga beberapa peternak menjadikannya jenis kelinci pedaging mengingat bobotnya yang berat. Kelinci ini mudah ditemui di pasar lokal, jadi tak sulit bila Anda ingin mencari dan membelinya sebagai peliharaan.

Memelihara kelinci rex bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Jenis kelinci ini sangat cocok dijadikan teman bermain, termasuk bagi anak-anak. Kali ini, yuk kenali seperti apa kelinci rex, ciri-ciri dan juga cara merawatnya.


Sejarah

Kelinci rex diketahui berasal dari Perancis, terutama sejak sekitar tahun 1900-an. Awalnya kelinci ini adalah hewan liar, tapi kemudian tidak sengaja dipelihara serta dikembangbiakkan oleh petani. Setelah beberapa tahun, kelinci ini kemudian diikutkan pameran internasional dan kemudian terkenal di berbagai negara di Eropa.


Ciri-Ciri

Ada beberapa jenis kelinci rex, misalnya kelinci rex pure, rex lokal, rex cross, back cross (kelinci rex bc). Namun secara umum, ada beberapa ciri yang bisa membantu Anda mengenali kelinci rex, diantaranya sebagai berikut.

- Memiliki bulu pendek bertekstur halus seperti beludru

- Ukuran tubuh cukup besar, meskipun ada beberapa jenis khusus yang berpostur mini

- Bobot tubuh kelinci rex yang besar dapat mencapai lebih dari 4,5 kg. Sementara itu, untuk yang mini, bobot paling ringan adalah sekitar 1,5 kg.

- Telinga cenderung tegak dan tergolong tebal

- Harapan hidupnya mencapai usia antara 5 hingga 6 tahun

- Memiliki banyak kombinasi atau variasi warna. Ada yang hitam polos (black rex), kuning sawo, biru, abu-abu, coklat, putih, oranye terang, dan masih banyak lagi

- Merupakan kelinci yang cenderung patuh dan suka dibelai oleh pemiliknya. Namun bila belum mengenal orang baru, kelinci butuh waktu untuk beradaptasi


Cara Merawat

Kelinci rex adalah hewan cerdas, sehingga cenderung sangat aktif. Ia dapat dilatih melakukan beberapa hal dengan manusia. Untuk mendukung kecerdasannya ini, lakukan perawatan yang sesuai dan membantunya untuk bebas beraktivitas.

Berbeda dengan kelinci lokal, ada beberapa tips cara merawat kelinci rex agar hewan ini bisa bertahan hidup cukup lama dan tetap aktif. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Memilih Makanan

Untuk memberi makan kelinci rex, gunakan jerami yang kualitasnya baik. Campuran buah dan sayur-sayuran dapat diberikan sebagai selingan. Pemberian pelet bisa dilakukan, tapi perhatikan frekuensinya agar kelinci tidak mengalami obesitas.

Sebelum memberinya makanan jenis baru, pastikan melakukan riset terlebih dahulu, apakah sudah aman atau belum. Siapkan juga penampung air minum yang bersih dan gantilah secara berkala. Kelinci perlu sering minum, terutama saat cuaca mulai panas.

2. Kandang

Kandang kelinci rex sebaiknya ditempatkan di dalam rumah untuk menghindari risiko terjadinya overheat atau hipotermia karena perubahan cuaca. Bila kandangnya diletakkan di luar, maka risiko kematiannya lebih tinggi.

Ukuran kendang sebaiknya minimal 150 cm dengan lebar 60 cm. Pastikan kendang cukup tinggi agar kelinci bisa berdiri dengan kaki belakangnya. Gunakan logam padat untuk lantai kendang, sehingga tidak melukai kakinya.

Untuk tempat tidurnya, gunakan jerami atau potongan kardus. Hindari alas tidur dari serutan kayu karena berisiko mengganggu pernapasan kelinci.

3. Kebersihan

Kelinci perlu dibersihkan untuk menjaga kesehatannya. Namun karena kelinci rex cukup rentan mengalami stress, maka mandikan ia satu kali saja tiap bulan. Gunakan shampo khusus kelinci, dan keringkan dengan handuk atau hair dryer.

Jangan lupa menyisir bulu kelinci dengan lembut. Jangan sampai bulu kelinci banyak termakan yang akhirnya menyebabkan hairball. Lakukan pembersihan telinga secara rutin dan potong kukunya.

Dengan perawatan yang tepat, maka kelinci rex akan menemukan kenyamanan menjadi peliharaan Anda. Dengan demikian, bisa diharapkan usianya akan lebih panjang dan ia juga jadi jarang terkena penyakit. Meskipun begitu, bila ada tanda-tanda kelinci sakit, segera kunjungi dokter hewan.


Keunikan

Keunikan utama dari kelinci rex ada pada bulunya yang sangat lembut. Saking lembutnya, bulunya menyerupai beludru. Ukuran bulu-bulunya pendek, sangat kontras dengan jenis kelinci anggora yang bulunya panjang.


Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang si unik kelinci rex. Jangan lupa share informasi ini di sosmed, ya!

Baca juga : Kenali Karakteristik Kelinci Netherland Dwarf dan Cara Tepat Merawatnya