top of page
  • admin

Kenali Penyebab Kucing Berliur dan Cara Mengatasinya!

Pada dasarnya, mengeluarkan air liur adalah hal yang normal bagi hewan, termasuk kucing. Lalu, bagaimana jika kucing berliur secara berlebihan? Apakah hal tersebut normal?

Secara garis besar, ada beberapa alasan kenapa mulut kucing keluar air liur. Ada kondisi normal, di mana anak kucing merasa aman dan nyaman saat Anda membelai mereka. Namun, jika hal itu terjadi secara tiba-tiba, Anda perlu waspada karena bisa jadi kucing Anda sedang merasa sakit.

Di artikel ini Anda akan mempelajari tentang apa saja yang kucing mengeluarkan lendir dari mulut dan mengatasi hal tersebut. Berikut penjelasannya!


kucing lucu

foto oleh unsplash


1. Terkena Penyakit Gigi, Gusi, dan Mulut

Pada dasarnya, penyakit gigi, gusi, dan mulut adalah penyakit yang umum diderita oleh kucing, terutama kucing dewasa. Menurut penelitian, persentase kucing di atas 4 tahun yang menderita penyakit ini ada di kisaran 50%-90%.[1]

Penyakit kucing berliur yang paling sering muncul adalah radang gusi, radang mulut, periodontitis, dan resorpsi gigi. Di samping berliur, gejala yang paling umum terlihat adalah:

  • Mulut bau

  • Kesulitan makan dan minum, serta cenderung mengunyah dengan kepala miring.

  • Lebih suka makanan yang lembut dan sering menjatuhkan makanan dari mulut.

  • Liur berdarah.

Untungnya, cara mengobati kucing berliur dan bau itu cukup mudah, meskipun terkadang perlu waktu berhari-hari sebelum bisa sembuh. Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa membersihkan gigi kucing.

Pada kasus yang lebih ekstrem, Anda bisa membawa kucing ke klinik terdekat agar dokter hewan bisa memberikan resep obat untuk kucing Anda.

2. Tumor di Area Laring atau Trakea

dokter hewan menggendong kucing

foto oleh Wix


Selain karena sakit gigi, gusi, atau mulut, salah satu penyebab kucing mengeluarkan air liur bau dan tidak mau makan lainnya adalah karena tumor. Terutama tumor yang ada di area tenggorokan seperti laring dan trakea. Hanya saja, kasus tumor yang satu ini memang jarang terjadi pada kucing.

Pada umumnya, kebanyakan kucing yang menderita penyakit ini adalah kucing berusia senja.[2] Karena tumor tersebut, kucing tidak mampu menelan makanan dan air liur. Hal ini membuat kucing mengeluarkan air liur secara berlebihan.

Di samping itu, ada gejala lain yang selain mengeluarkan air liur, yaitu sebagai berikut!

  • Kesulitan menelan makanan.

  • Mulut berdarah.

  • Bau mulut.

  • Tidak bisa menutup mulut dengan sempurna jika ada makanan di dalam mulut.

Apabila gejala-gejala di atas muncul di kucing Anda, kunjungi klinik terdekat agar kucing tersebut mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera.

3. Kucing berliur karena Merasa Mual

Alasan lain kenapa kucing berliur berlebih adalah karena merasa mual. Alasan kenapa kucing tersebut merasa mual pun cukup beragam, bisa karena sakit, keracunan, alergi makanan, saat mencoba makanan baru, sakit perut, dan lain-lain.[3]

Biasanya, selain mengeluarkan liur berlebihan, kucing Anda juga akan terlihat:

  • Lesu.

  • Lemas.

  • Tidak mau makan.

  • Menjilat atau menampar area mulut sendiri.

  • Terlihat akan muntah, namun hal itu tidak terjadi.

  • Mengeong berlebihan.

  • Menyendiri.

  • Menjilat hal-hal yang tidak lazim, seperti tembok atau lantai.

Pada umumnya, cara mengobati kucing mengeluarkan air liur dan lemas karena mual cukup mudah. Anda bisa menenangkan kucing tersebut hingga mualnya hilang. Namun, jika kucing Anda mulai muntah-muntah dan tidak mau makan selama 24 jam, segera bawa ke klinik terdekat.

4. Infeksi Saluran Pernapasan

Secara garis besar, infeksi saluran pernapasan pada kucing itu cukup umum terjadi. Terutama pada kucing liar, kucing di tempat dengan populasi kepadatan yang tinggi, dan juga di tempat pengembangbiakkan kucing. Hal ini karena, penyakit infeksi saluran pernapasan memang sangat menular. [4]

Infeksi saluran pernapasan, terutama di bagian atas, bisa menyebabkan hipersalivasi atau produksi air liur berlebih. Selain kucing berliur, ada juga gejala lain seperti:

  • Tidak mau makan.

  • Bersin-bersin.

  • Ada kotoran hidung dan mata.

Apabila kucing Anda mengalami gejala tersebut, segera bawa ke klinik hewan terdekat agar mendapatkan perawatan.

5. Ada Benda yang Menyumbat Tenggorokan

Penyebab lain yang membuat kucing Anda mengeluarkan air liur berlebihan, bisa jadi karena ada benda yang menyumbat tenggorokan. Jika kasusnya seperti ini, Anda harus segera membawa kucing Anda ke klinik terdekat untuk melakukan X-Ray. Jika benar ada benda yang menyumbat, operasi mungkin dibutuhkan.

Itulah beberapa penyebab kucing berliur dan cara mengatasinya. Informasi edukatif tentang kucing dan hewan lainnya, bisa Anda baca di Kawan Hewan. Anda pun bisa follow Instagram dan TikTok kami untuk mendapat informasi terbaru seputar kucing, anjing, dan beragam hewan yang lain. Semoga bermanfaat!



Sumber :

2. Wiley Online Library. Veterinary Radiology. TRACHEAL AND LARYNGEAL TUMORS IN THE DOG AND CAT: LITERATURE REVIEW AND 13 ADDITIONAL PATIENTS. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1740-8261.1991.tb00112.x



Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page