• admin

Ciri-ciri Kucing Himalaya yang Unik dan Perawatannya


foto oleh pixabay


Kucing himalaya atau lebih akrab dipanggil Himmie adalah ras kucing persilangan antara kucing siamese dengan kucing persia. Jadi memang memiliki kemiripan dengan keduanya.

Menurut pakar hewan eksistensi himalayan cat ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Namun, ada bukti yang menyebutkan jika kucing ini mulai hadir di Eropa sejak tahun 1950-an dan pada waktu itu dikenal dengan colourpoint persian.

Baca juga : Kucing Siam, kucing unik asal Thailand

Ciri-ciri Fisik Kucing Himalaya

Berbeda dengan kucing jenis lain, kucing ini memiliki keunikan di warna matanya, yaitu biru. Ciri fisiknya cukup mencolok sehingga mudah dikenali. Selengkapnya berikut adalah ciri fisiknya.

Warna

Colourpoint yang dimilikinya adalah ciri khas. Ciri khususnya adalah terdapat perbedaan begitu jelas di setiap bagian tubuhnya. Lebih jelasnya ada corak gelap di beberapa bagian tertentu bulunya.

Colourpoint-nya terdapat di wajah (terkhusus bagian tengah), ekor, telinga, dan kaki. Nuansa warnanya berbeda mulai dari cokelat kehitaman (seal point), abu-abu (blue point), abu-abu cokelat (lilac point), krem, krem kemerahan (red flame), dan cokelat.

Tubuh

Tubuhnya dibagi menjadi dua jenis, tergantung dari gen kucing dominan yang diwarisinya. Ada yang bertubuh bulat dengan kaki pendek dari ras persia.

Atau tubuh yang langsing, kuat, dengan gerakan anggun dan lincah dari ras siamese.

Bulu

Bulunya cenderung mirip kucing persia dengan ukuran cukup panjang yaitu 2-3 cm.

Wajah

Bentuk wajah kucing himalaya terdiri dari dua jenis yaitu doll face dan ultra face. Saat dilihat dari samping, doll face terlihat pesek sedangkan ultra face sangat pesek. Sehingga wajahnya terlihat datar.


Sifat Kucing Himalaya

Kucing ini memiliki sifat yang tenang, cerdas, dan suka keramaian sehingga ia suka berinteraksi dengan siapa saja. Kucing ini sangat aktif jadi cocok dijadikan peliharaan, teman bermain.

Selain kelima ciri khas kucing himalaya di atas, ada pun ciri lain yang dimilikinya yaitu:

- Memiliki berat berkisar antara 4-6 kg.

- Bentuk kepalanya bulat penuh dengan hidung pesek yang dibedakan menjadi dua jenis yaitu tradisional dan ekstrim.

- Ukuran telinganya pendek.

- Matanya bulat dan agak besar.

- Kakinya pendek dengan cakar besar dan kuat.


Cara Merawat Kucing Himalaya

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat merawat kucing. Mulai dari tempat tinggalnya hingga perawatan tubuh.

Kandang

Pada dasarnya, perawatan kucing ini sama dengan kucing persia. Anda harus memberikannya kandang khusus yang nyaman. Kenyamanan kandang akan mempengaruhi mood dan kesehatan Himmie.

Berikan pasir halus di wadah khusus di dalam kandang sebagai tempat buang kotoran. Pasir ini harus dibersihkan rutin lalu jemur untuk mengeringkannya.

Sebelum memasukkan kembali ke kandang saringlah dulu pasirnya untuk menghilangkan kotorannya.

Makanan dan Minuman

Anda bisa memberikannya makanan kemasan khusus kucing dengan nutrisi pas sesuai usia. Namun, pastikan Anda membeli yang disukainya. Selain itu, selalu stok makanan dan minuman di kandang. Jangan sampai kehabisan.

Kesehatan

Jangan biarkan kucing milik Anda stress. Sebisa mungkin luangkan waktu sejenak dan ajaklah Meong untuk bermain. Bisa dengan mengeluarkannya dari kandang lalu mengelusnya.

Atau mengajaknya jalan-jalan dan memanjakannya. Perhatikan kebersihan badannya dengan cara memandikannya atau jika tubuhnya dirasa kotor.

Jangan lupa untuk mengajak si kucing check up kesehatannya rutin. Meskipun terlihat sehat, tetap lakukan cek kesehatan untuk mendeteksi dini gejala penyakit yang muncul.

Perawatan Kuku dan Bulu

Potong kukunya jangan terlalu pendek dan lakukan rutin. Selain itu, Anda harus ekstra merawat bulunya agar senantiasa indah dan cantik dengan menyisirnya atau memandikan.

Sisirlah setiap hari atau lima kali dalam seminggu. Untuk waktu mandi, empat minggu sekali menggunakan bathup atau ember dengan shampo khusus kucing.

Untuk Anda yang ingin memelihara kucing himalaya ini harus tahu ciri-ciri dan keunikannya. Jangan sampai tertipu dengan kucing ras lain seperti ragdoll. Pastikan Anda membagikan informasi ini agar semakin banyak orang yang tahu tentang cara merawat kucing himalaya agar tetap sehat dan cantik.

Baca juga : Ini Ciri-Ciri, Keunikan, Dan Cara Perawatan Kucing Ragdoll

#kucinghimalaya

#kucingragdoll

#kucingsiam

#kucingpersia

#merawatkucing

39 views0 comments