Penyebab Kucing Jantan Tidak Mau Kawin dan Cara Mengatasinya


foto oleh pixabay


Penyebab kucing jantan tidak mau kawin tidak bisa ditentukan begitu saja. Ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Mulai dari faktor medis hingga faktor eksternal.

Terkadang ada kasus di mana kucing merasa birahi, tetapi tidak mampu menyalurkannya. Hal ini tidak baik, sebab kucing jantan yang mengalaminya akan merasa stres. Salah satu gejala dari stres berat bagi kucing adalah rontoknya bulu dan perilaku yang lebih pendiam.


Apa Penyebab Kucing Jantan Gagal Kawin?

Ciri-ciri kucing jantan gagal kawin biasanya bertindak lebih agresif, stres, gelisah, dan sulit tidur. Kalau sudah begitu, Anda harus segera memberikan penanganan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum kenapa kucing jantan tidak mau kawin:


1. Kucing Jantan Terlalu Muda

Usia menjadi faktor pertama yang membuat kucing jantan tidak mau kawin. Jika usianya masih terlalu muda, berarti kucing Anda belum siap untuk kawin.

Apalagi jika kucing Anda belum memasuki usia 1 tahun. Perhatikan kembali usia kucing Anda. Lebih baik tidak memaksakan untuk kawin sebelum waktunya.


2. Faktor Dari Kucing Betina

Jangan salah ya Pawrent, kucing jantan juga pilih-pilih ketika mau kawin. Jika Anda hendak mengawinkan kucing jantan dengan kucing betina yang sering bertengkar dengannya, tentu jantan akan menolak.

Kucing jantan menolak betina yang galak. Sebab kucing betina yang terlalu agresif akan membuat jantan gagal melampiaskan birahinya. Birahi yang tidak tersalurkan tersebut akan membuat si jantan merasa tertekan.


3. Kucing Jantan Penakut

Kucing jantan yang penakut mungkin merasa tidak percaya diri atau kurang berpengalaman dalam hal kawin. Hasilnya si kucing tidak berani mendekati betina. Meskipun sebenarnya sedang birahi.

Cara mengawinkan kucing jantan penakut dapat dilakukan melalui pengamatan siklus birahinya. Tetapi langkah awalnya adalah membiarkan keduanya untuk beradaptasi terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk rajin mengecek kondisi kesehatan kucing Anda ke dokter hewan. Hal ini bisa menghindari permasalahan yang berhubungan dengan faktor medis.


4. Kondisi Kesehatan

Faktor penyebab berikutnya bersangkutan dengan kondisi medis. Kucing gagal kawin karena kondisi kesehatan menjadi masalah serius yang harus Anda perhatikan.

Ada beberapa kondisi medis yang membuat kucing jantan enggan kawin. Salah satunya adalah kurangnya hormon testosteron. Untuk permasalahan ini, bisa diatasi dengan ganti pakan dan terapi untuk menstimulus hormon ini.

Selain dari segi hormon testoteron, ada beberapa faktor kesehatan lain yang juga berpengaruh. Misalnya kucing mengalami obesitas, mengalami cedera fisik, serta ada gangguan pada gigi dan mulutnya.

Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan kucing, tidak ada salahnya untuk membawanya ke dokter hewan.


Untuk Anda yang berada di Gresik, konsultasikan langsung masalah kesehatan kucing Anda di “Kawan Hewan”. Ingin tahu lebih rinci? Follow akun Instagram @kawan.hewan untuk berbagai informasi mengenai kucing. Segera cari tahu penyebab kucing jantan tidak mau kawin sekarang juga. Supaya Anda bisa segera mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat!


Baca juga : Pecinta Kucing harus Tahu ciri-ciri Kucing Sudah Kawin
12 views0 comments