Hal Penting Saat Mencari Makanan Kucing Kampung di Petshop


foto oleh unsplash


Sobat Pawrent mencari makanan kucing kampung di petshop? Simak dulu informasi penting berikut.

Memberi makan kucing menjadi hal utama karena makanan merupakan kebutuhan pokok tiap makhluk hidup, termasuk kucing. Anda tentu ingin kucing Anda mendapat nutrisi terbaik dari makanannya.

Anda bisa memberi makanan seperti ikan, daging dan lainnya. Atau bisa juga dengan makanan kucing kampung kemasan.

Kucing kampung atau kadang disebut moggy cat atau kucing domestik sebenarnya merupakan jenis kucing yang secara relatif lebih sehat dan mudah dipelihara dibandingkan kucing ras. Hal ini diakibatkan karena secara genetik kucing kampung memiliki gen yang kuat akibat pencampuran berbagai gen kucing ras.

Tetapi, kebutuhan nutrisi kucing tetap harus diperhatikan karena bisa berbeda-beda. Misalnya, nutrisi untuk anak kucing berbeda dengan kucing yang berusia setahun lebih.


Nutrisi untuk Anak Kucing

Anak kucing membutuhkan nutrisi seimbang selama masa pertumbuhan. Pertumbuhan mereka berjalan cepat sehingga butuh protein lebih banyak.

Anda perlu memberinya makanan yang diperkaya karbohidrat, protein, lemak, serta mineral. Pastikan juga, kebutuhan vitaminnya terpenuhi. Selain itu, asam amino esensial seperti taurin juga dibutuhkan oleh mereka. Pada masa ini, berikan makanan lembek/mudah dicerna karena sistem pencernaannya masih lemah dan giginya mulai tumbuh.


Nutrisi untuk Kucing Dewasa

Kucing yang beranjak dewasa butuh bermain dan makanan yang bernutrisi agar tetap aktif. Kebutuhan protein mereka bahkan mencapai 2 kali lipat dibanding manusia.

Makanan untuk kucing dewasa juga mulai lebih beragam. Anda bisa memberikan mereka makan 3 kali dalam sehari.

Berikan mereka makanan yang mengandung protein tinggi. Jangan lupa juga lengkapi dengan omega 3 dan 6 serta zinc. Kandungan itu perlu ada dalam makanan kucing kampung agar bulunya lebat.

Antioksidan juga perlu untuk menjaga kekebalan sistem imun mereka.

Setelah Anda mengetahui nutrisi untuk anak kucing dan kucing dewasa, Anda juga perlu memahami jenis makanannya.


Wet Food atau Makanan Basah

Makanan basah mengandung lebih banyak air. Ini bagus untuk diberikan kepada kucing yang tidak mendapat cairan cukup. Makanan basah juga dapat mencegah adanya penyakit yang menyerang ginjal dan saluran kemih.

Keunggulan lain makanan ini adalah lebih kaya aroma dibanding makanan kering. Aroma ini bisa meningkatkan nafsu makan kucing.


Dry Food atau Makanan Kering

Makanan kering dapat meningkatkan kesehatan gigi kucing. Makanan jenis ini dapat mengontrol karang gigi kucing.

Selain itu, keunggulan makanan kering adalah mudah disimpan dan disajikan. Makanan ini juga lebih tidak mudah membusuk. Bahkan jika Anda meletakkannya di mangkuk dari pagi hingga sore.

Dengan makanan yang tahan lama, memungkinkan kucing Anda untuk makan sedikit-sedikit. Ini baik untuk mendukung kebiasaan makan sehat kucing. Sehingga, bagus jika Anda memberikan dry food untuk kucing kampung.

Itulah informasi penting saat Anda mencari makanan kucing kampung di petshop. Anda perlu menyesuaikan dengan keadaan kucing Anda, seperti usia dan kebutuhannya.

Perlu diingat ada kondisi khusus seperti kehamilan dan menyusui yang tentunya menyebabkan kucing membutuhkan nutrisi lebih. Jika Anda membutuhkan makanan untuk kucing, Anda bisa temukan di Kawan Hewan Petshop yang ada di Gresik. Kunjungi website kawanhewan.com untuk informasi lebih lanjut.


Jangan lupa juga untuk follow @kawan.hewan di Instagram agar selalu update informasi tentang hewan kesayangan Anda, salah satunya tentang makanan kucing kampung di petshop yang telah dibahas di atas. Semoga bermanfaat!


Baca juga : 7 Fakta Keunikan Kucing Kampung Yang Menarik Untuk Diketahui
16 views0 comments