• admin

Kucing Mixdom, Ras Campuran Terpopuler dan Banyak Dicari



foto oleh pxhere


Kucing mixdom merupakan ras kucing yang mudah ditemukan di sekeliling manusia. Ia juga banyak dicari untuk dirawat karena kemudahan merawatnya, berbeda dengan kucing ras asli yang sedikit ribet.

Selain cara perawatannya, biaya adopsi kucing ini juga sangat murah. Tak sedikit kucing jenis ini yang populer. Di antaranya kucing tuxedo, domestik bulu pendek, medium hair, tabby, maine coon, dan masih ada kucing campuran lainnya.

Baca juga : Tentang Kucing Maine Coon: sejarah, ciri-ciri, perawatan, dan keunikan

Ciri-ciri Fisik Kucing Mixdom

Berbeda dengan ras asli yang memiliki tanda khusus dan dokumen sebagai pelengkap, kucing ini tidak memilikinya yang menunjukkan identitas.

Secara umum, ciri fisiknya sama dengan ciri kucing ras asli. Perlu diperhatikan jika kucing ini adalah kucing campuran atau mixed antara kucing ras dengan kucing domestik atau dome.

Jadi, membedakannya dengan cara mengenali ciri khusus induknya. Misalnya dari warna bola matanya yang berbeda, ekornya yang panjang, dan warna bulu atau nuansa pola mantel bulu yang bercorak atau polos.

Warna bulunya tergantung indukan, misal putih, hitam, abu, atau kombinasi. Usia kucing campuran juga lebih panjang yaitu rata-rata 14-20 tahun.

Kucing ini juga mudah sekali beranak-pinak sehingga harus disterilisasi jika tidak ingin mendapat anggota keluarga baru.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat, Gemuk dan Lucu

Karakter Umum Kucing Mixdom

Saat Anda memilih untuk memelihara kucing jenis mix, Anda bisa mendapatkan kucing dengan karakter yang tidak terduga. Misalnya saja ia pendiam, penuh kasih, hingga lucu.

Sebagian besar, mereka sangat suka dengan perhatian yang diberikan oleh pemilik ketika diajak bermain atau bermanja di pangkuan.

Kucing ini menjadi teman rumah yang pas. Ia suka bermain di waktu tertentu, tidur siang, serta bermanja.


Cara Merawat Kucing Mixdom

Cara merawatnya cukup mudah. Yang perlu diperhatikan secara khusus adalah mantel bulunya. Termasuk jenis manakah mantel bulu kucing Anda, apakah pendek, panjang, atau medium.

Sering Disisir

Untuk bulu pendek, cukup sisir bulunya setiap minggu untuk meminimalisir kerontokan. Sedangkan kucing mixdom dengan bulu medium atau panjang harus sering disisir agar bulunya tetap indah, tidak kusam, kusut, dan sehat.

Jarang Membutuhkan Mandi

Kucing ini termasuk dalam kucing yang mandiri dalam perawatan tubuhnya sehingga sangat jarang membutuhkan mandi. Umumnya di situasi khusus saja mereka mandi. Kucing dapat "mandi" dengan cara menjilati bulunya sendiri

Perhatikan Telinganya

Saat memandikan mixdome, perhatikan telinganya. Usahakan memandikannya sebulan sekali. Jangan biarkan adanya penumpukan zat lilin di telinganya. Selain itu, perhatikan juga kesehatannya dengan memperhatikan tanda infeksi atau tungau.

Perawatan Kuku

Perawatan kuku dilakukan sebulan sekali, potonglah menggunakan gunting kuku khusus hewan.

Beri Kegiatan yang Cukup

Biasanya, kucing yang dirawat di ruangan khusus lebih sehat tetapi ia cenderung obesitas dan bosan karena aktivitas yang kurang. Untuk itu, beri kegiatan si kucing.

Misal dengan memberikannya mainan. seperti puzzle makanan atau tiang penggaruk.

Makanan

Meskipun makanannya tidak harus mahal, bisa diberikan makanan manusia tetap saja nutrisi, kualitas, dan jenis makanannya harus Anda perhatikan. Nutrisi ini sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Berikan ia makanan yang tinggi protein, rendah lemak, dan kandungan vitamin dan mineral yang cukup. Kucing ini juga bukan pemilih, bisa makanan basah atau kering asal teksturnya sesuai dengan seleranya.

Jadwal makannya tiga kali sehari dan berikan snack di sela-sela kegiatannya.


Cara Membedakan Kucing Mixdom dengan Kucing Lain

Di sekitar Anda ada begitu banyak jenis kucing yang berkeliaran. Untuk membedakannya dengan ras domestik atau kucing kampung, berikut beberapa caranya.

❖ Anda bisa membedakannya dari ciri ras dome atau ciri ras asli.

❖ Selain itu, kucing campuran hasil persilangan lebih mudah dibedakan. Ini karena ia memiliki ciri dari dome maupun ras asli.

Anda bisa mendapatkan kucing mixdom dengan mudah di penampungan hewan liar atau di sekitar Anda. Karena itu, jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda ya?

Siapa tahu banyak kucing di penampungan bisa mendapatkan rumah. Apalagi kucing mixdom sangat cocok untuk yang baru saja belajar merawat kucing.


#kucingmixdome

#mixdomcat

2,017 views0 comments