Tips Membeli Kelinci Yang Sebaiknya Anda Ketahui


foto oleh unsplash


Seperti yang kita ketahui bahwa kelinci menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara selain kucing dan anjing. Hewan yang satu ini memang sangat lucu, manis dan juga aktif sehingga banyak sekali yang menyukainya. Apakah anda ingin memelihara hewan satu ini? Jika Ya, maka simak terlebih dahulu tips membeli kelinci yang sebaiknya anda ketahui!


Inilah Tips Membeli Kelinci Agar Tidak Salah Pilih

Membeli seekor kelinci atau lebih untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan memang perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Bagi anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli kelinci untuk dijadikan hewan peliharaan, berikut tips membeli kelinci yang sebaiknya anda ketahui:


· Perhatikan Lokasi Pembelian Kelinci

Tips membeli kelinci yang pertama yaitu perhatikan lokasi pembelian kelinci. Pastikan anda benar-benar memilih lokasi pembelian yang tepat. Dalam hal ini juga sebaiknya hindari pembelian kelinci di pinggir jalan walaupun dijual dengan harga yang murah. Umumnya, kelinci yang dijual dipinggir jalan sudah dikurung dalam waktu cukup lama dengan kondisi polusi udara serta bising yang membuat hewan tersebut stress serta sakit-sakitan.

Alangkah lebih baiknya, belilah kelinci di peternaknya langsung atau di toko hewan yang memiliki standar Kesehatan yang direkomendasikan oleh dinas Kesehatan. Dua hal ini bisa menjadi cara paling efektif untuk bisa mendapatkan kelinci yang diinginkan.


· Pertimbangkan Terlebih Dahulu Kesanggupan Merawat Kelinci

Memelihara hewan sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Sebagai majikan anda perlu menjamin kesehatannya, makanan, tempat hidupnya dan hal lainnya. Begitu pun Ketika anda memutuskan untuk memelihara kelinci, pastikan anda juga mempertimbangkan kesanggupan anda dalam merawat hewan tersebut.

Bulatkan terlebih dahulu niat anda dan ketahui apa saja hal yang perlu diperhatikan Ketika merawatnya mulai dari memandikannya, menjaga kebersihan kandang serta makanannya.


Baca juga : Ini dia yang harus dipersiapkan sebelum memelihara kelinci (hobi)

· Pastikan Jangan Pikirkan Ras Kelinci

Tips membeli kelinci selanjutnya yaitu pastikan jangan pikirkan ras kelinci. Seperti yang kita tahu bahwa kelinci merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak ras dan bahkan ada juga ras kelinci yang cukup langka. Namun, jangan sampai anda menjadi egois, agar kelinci anda bisa bertahan hidup lebih lama, maka carilah kelinci yang banyak ditemukan di sekitar anda.

Hal ini bertujuan agar kelinci yang anda pilih bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Semua jenis kelinci pastinya memiliki kelebihannya masing-masing, jadi jangan sampai anda pilih-pilih berlebihan.


· Pilihlah Kelinci Yang Usianya 3 Bulan Keatas

Selanjutnya pastikan anda juga memilih kelinci yang berusia 3 bulan keatas. Kelinci yang dibawah 3 bulan memang sangat menggemaskan. Namun lagi-lagi jangan sampai anda menjadi orang egois karena kelinci yang berusia di bawah 3 bulan sangat rentan mati karena masih membutuhkan perawatan dari induknya. Jadi, sebaiknya pilihlah kelinci yang berusia 3 bulan keatas agar kelinci yang anda pilih sudah bisa makan sendiri serta sudah cukup besar untuk diajak bermain.


· Pilihlah Kelinci Yang Terlihat Sehat Dan Aktif

Tips membeli kelinci terakhir yaitu pilihlah kelinci yang terlihat sehat dan juga aktif. Selain itu, anda juga perlu memastikan bahwa kelinci yang anda pilih juga tidak penakut. Untuk mengetahui apakah kelinci yang anda pilih sehat atau tidak, tentu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Hal tersebut mulai dari gigi kelinci, telinga kelinci, bagian ekor, area dubur, kaki kelinci, leher, hidung dan mulut dan mata. Pastikan bagian-bagian tersebut secara detail anda perhatikan dengan mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kelinci yang sehat. Namun jika sudah terlanjur membeli dan kelinci menunjukkan tanda yang tidak sehat, segera bawa ke dokter hewan terdekat ya.


Nah itulah tips membeli kelinci yang sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu. Tips di atas bisa menjadi acuan anda untuk menemukan dan memilih kelinci yang tepat. Jadi, segera pilih kelinci kesukaan anda dan rawatlah dengan baik. Semoga bermanfaat.