Inilah Manfaat Grooming Dan Peralatan Grooming Bagi Kucing Yang Sebaiknya Diketahui Semua Catlovers!


foto oleh unsplash


Selain menjamin asupan nutrisi dan makanannya, sebagai pemilik tentu saja anda perlu benar-benar memperhatikan kesehatan anabul/hewan kesayangan anda terutama ketika anda memelihara kucing. Sama seperti manusia, kucing juga merupakan salah satu hewan yang rentan terhadap berbagai penyakit. Dengan begitu, maka tentu saja anda perlu memperhatikan kesehatannya terutama kesehatan bulunya.

Kucing menjadi salah satu hewan yang popularitasnya cukup tinggi yang dikenal sebagai hewan peliharaan. Hewan berbulu satu ini memang memiliki tingkah yang sangat menggemaskan sehingga bisa meningkatkan imun di masa pandemi ini. Namun, ketika anda memutuskan untuk memelihara kucing, tentu saja anda wajib merawat kucing anda dengan baik salah satunya seperti melakukan grooming secara teratur.


Simak Berikut Sekilas Tentang Manfaat Grooming Dan Peralatan Grooming Bagi Kucing Yang Sebaiknya Diketahui!

Pada dasarnya, tanpa adanya bantuan manusia, kucing secara alami senang merawat dirinya sendiri (self grooming). Sebagai pecinta kucing, pastinya anda sering memperhatikan kucing menjilati dirinya sendiri beberapa kali dalam sehari. Proses menjilati bulu ini tentu bisa dikatakan sebagai proses membersihkan tubuh. Bentuk lidah kucing yang unik juga mendukung hewan menggemaskan ini untuk melakukan perawatan diri.

Namun walaupun demikian, tetap saja kucing membutuhkan sedikit bantuan pemiliknya karena tidak semua bagian tubuhnya bisa dibersihkan. Selain faktor keterjangkauan, untuk kucing yang sudah senior, mereka juga butuh bantuan karena rata-rata sudah mengalami penurunan fungsi kognitif. Salah satunya adalah tidak dapat merawat diri (self-grooming).

Selanjutnya, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik yaitu dengan grooming. Grooming sendiri merupakan salah satu bentuk perawatan yang menjadi kewajiban para pemilik kucing apalagi jika anda memelihara kucing dengan bulu lebat. Walaupun terlihat sepele, grooming tidak hanya sekedar bisa membuat kucing anda menjadi bersih dan wangi saja melainkan untuk mencegah kucing anda terkena berbagai penyakit kulit.

Grooming juga bukan hanya sekedar anda membersihkan bulunya saja melainkan terdapat tahapan yang sebaiknya diperhatikan. Tahapan tersebut mulai dari menyisiri, memandikan, memotong kuku, membersihkan area mata hingga membersihkan telinganya. Grooming umumnya bisa dilakukan sendiri namun tidak sedikit orang yang menggunakan jasa grooming kucing.

Seperti telah disebutkan diatas bahwa grooming menjadi salah satu hal yang sangat penting. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat grooming dan peralatan grooming bagi kucing? Berikut penjelasannya!


Manfaat Grooming Untuk Kucing

Grooming merupakan salah satu cara memanjakan hewan kesayangan anda di rumah. Ada banyak sekali manfaat grooming bagi kucing. Dan berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Menjaga kebersihan kucing.

  2. Menjaga bulu dan kulit kucing agar tetap sehat dan lembut bebas dari kutu atau parasit.

  3. Mencegah penyakit ataupun parasit yang masuk ke tubuh seperti jamur dan kutu.

  4. Sebagai salah satu pemeriksaan kesehatan umum mulai dari kesehatan mata, hidung, mulut, bulu cakar dan berat tubuh.

  5. Memperkuat ikatan antara kucing dan pemiliknya.

  6. Mengurangi bulu rontok.

Nah itulah beberapa manfaat grooming bagi kucing yang sebaiknya diketahui oleh catlovers yang masih saja abai akan hal ini. Anda juga bisa melakukan grooming sendiri kok! Jadi, tentu bisa lebih menghemat biaya. Namun, ada juga catlovers yang lebih memilih melakukan grooming di pet shop yang menyediakan layanan grooming. Beberapa pertimbangan melakukan hal ini antara lain:

  • Beberapa kucing sangat takut dengan air sehingga saat akan dimandikan mencakar pemiliknya. (langsung pasang tampang seperti di foto pada artikel ini!)

  • Dalam tahapan grooming di petshop yang memiliki layanan lengkap biasanya diawasi oleh dokter hewan. Jika ada masalah kesehatan, tentu dokter hewan tersebut akan memberitahukan ke pemilik.

  • Praktis dan hemat waktu.

  • Memiliki peralatan lebih lengkap daripada jika melakukan grooming di rumah.

Untuk anda yang akan melakukan grooming sendiri di rumah, tentu ada beberapa peralatan grooming yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut beberapa peralatannya:

· Sikat halus.

· Sisir (sisir bergigi jarang, sisir kutu dan sisir bergigi lembut.

· Sikat gigi.

· Sarung tangan karet.

· Shampo.

· Gunting.

· Pemotong kuku.

· Cairan pembersih telinga. Sebaiknya menggunakan cairan khusus untuk pembersih telinga anabul.

· Kapas.

· Cottonbath.

· Blower atau hairdryer.

· Handuk.

Harap diingat bahwa kebutuhan hewan peliharaan berbeda dengan manusia. Contohnya untuk shampoo, anabul memiliki shampoo khusus yang sudah diformulasikan sesuai kebutuhan bulu dan kulitnya. Jadi jika ingin praktis, datang saja ke petshop terdekat. Untuk anda yang bertempat tinggal di Gresik, anda dapat mendatangi Kawan Hewan Petshop untuk memperoleh layanan grooming yang dikerjakan oleh groomer profesional, diawasi oleh dokter hewan dan menggunakan peralatan sesuai kebutuhan anabul.

Itulah beberapa peralatan grooming untuk kucing yang sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu. Selain itu, anda juga perlu mengetahui tentang tips memandikannya agar kucing anda tidak stress. Anda juga tidak perlu telalu sering melalukan grooming, cukup sekali sebulan untuk kucing. Demikian sekilas tentang manfaat grooming dan peralatan grooming bagi kucing. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Tak Banyak Orang Tahu! Inilah Fakta Menarik Seputar Lidah Kucing
28 views0 comments