Inilah Manfaat Taurin Untuk Kucing Dan Akibat Kucing Kekurangan Sumber Nutrisi Tersebut


foto oleh unsplash


Di balik kesehariannya yang hobi tidur, tentunya kita tahu bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang sangat aktif. Biasanya ketika bangun tidur, hampir semua kucing akan langsung bermain dengan mainannya atau sekedar lari-larian bersama kucing lainnya. Dikarenakan keaktifannya ini maka sebagai pemilik tentu anda perlu mendukung kesehatannya dengan selalu memberikan makanan terbaik.

Diantara sekian banyaknya jenis makanan kucing yang kini bisa anda temukan dan beli, sudahkah anda membeli produk yang tepat? Menurut para pakar kesehatan khusus hewan, kucing merupakan salah satu hewan karnivora yang membutuhkan daging sebagai komponen untuk mencapai pola makanan yang seimbang. Bahkan kucing disebut sebagai karnivora obligat karena memang mendapatkan hampir semua nutrisi dari daging yang dimakannya. Salah satu komponen utama nutrisi yang sangat diperlukan kucing dari daging adalah taurin.


Sekilas Tentang Taurin Serta Manfaat Taurin Untuk Kucing

Sebagian dari anda pastinya masih belum tahu apa itu taurin bukan? Nah taurin sendiri merupakan salah satu jenis asam amino yang sangat penting untuk metabolisme tubuh kucing. Taurin ini berperan sebagai bahan penyusun semua protein.

Taurin banyak terdapat pada daging-dagingan seperti daging merah yang meliputi daging sapi dan domba. Selain itu, taurin juga terdapat pada unggas, biji-bijian hingga ikan. Taurin juga merupakan asam amino non esensial yang mana bisa diproduksi sendiri dalam tubuh. Namun, kucing tidak bisa memproduksi taurin dalam jumlah yang cukup sehingga kebutuhannya harus didapat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung taurin.

Zat satu ini juga sangat penting untuk pencernaan, fungsi otot jantung, penglihatan serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat taurin untuk kucing yang sebaiknya diketahui:

· Mencegah terjadinya obesitas pada kucing.

· Membantu pencernaan lemak.

· Mencegah terjadinya lelah otot.

· Menjaga vitalitas serta pertumbuhan embrio.

· Mengontrol kadar kolesterol didalam tubuh.

· Mengontrol kadar gula dalam darah.

· Membantu kerja fungsi saraf, otot dan jantung.

· Membantu pembentukan garam empedu.

· Menjaga kesehatan mata.

· Membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.

Nah itulah beberapa manfaat taurin untuk kucing yang sebaiknya anda ketahui. Dari beberapa manfaat diatas sudah pasti anda menjadi lebih tahu begitu pentingnya taurin untuk kesehatan kucing anda. Jika kucing anda kekurangan taurin sudah pasti akan sangat beresiko. Apa saja penyebab jika kucing kekurangan taurin? Simak penjelasannya berikut ini!


Inilah Akibatnya Jika Kucing Kekurangan Asupan Taurin

Taurin sangat dibutuhkan untuk reproduksi yang sehat, pendengaran yang baik serta penglihatan. Tanpa taurin sudah pasti kucing akan mengalami masalah kesehatan yang serius. Berikut ini hal yang akan terjadi jika kucing kekurangan taurin:

1. Gangguan metabolisme lemak dalam tubuh.

2. Gangguan kehamilan serta kelainan embrio pada kucing hamil.

3. Degenerasi retina secara perlahan yang akibatnya akan hilangnya penglihatan.

4. Gangguan fungsi jantung.

Nah itulah beberapa hal yang akan terjadi jika kucing kekurangan taurin. Untuk itu maka pastikan anda penuhi kebutuhan taurin untuk kucing. Pemberian makanan yang mengandung taurin sudah pasti menjadi hal yang perlu anda lakukan. Kini sudah ada banyak sekali jenis makanan kucing yang mengandung taurin dimana anda bisa membelinya dengan mudah di toko hewan terdekat. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Penuhi Kebutuhan Nutrisi Untuk Kucing Berikut Ini Agar Hewan Kesayangan Tetap Sehat!