Kucing Anda Susah Makan? Inilah Tips Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Yang Sebaiknya Anda Ketahui!


foto oleh unsplash


Banyak sekali pecinta kucing yang merasa bingung ketika kucing peliharaannya tidak mau makan padahal sebelumnya hewan tersebut sangat senang makan. Kucing tidak mau makan merupakan suatu kondisi yang umum dan sering terjadi.

Namun, jika terus dibiarkan pastinya kucing anda akan terganggu kesehatanya bahkan mungkin bisa berakibat pada kematian. Biasanya nafsu makan kucing akan turun ketika ada suatu hal yang terjadi pada hewan tersebut. Nah, sebelum anda mengetahui bagaimana cara meningkatkan nafsu makan kucing, alangkah lebih baiknya jika anda tahu terlebih dahulu beberapa akar penyebab nafsu makan kucing menurun.


Penyebab Turunnya Nafsu Makan Kucing

Secara umum ada beberapa penyebab mengapa nafsu makan kucing berkurang sehingga mereka sama sekali tidak ingin menyentuh makanan yang selalu dimakannya. Berikut beberapa penyebab turunya nafsu makan kucing yang sebaiknya diketahui:

· Kucing Sakit

Penyebab turunnya nafsu makan kucing yang pertama yaitu karena kucing tersebut sakit. Ya, sama halnya dengan manusia kucing juga rentan terserang penyakit yang bisa menyebabkan nafsu makannya berkurang. Berkurangnya nafsu makan bisa jadi gejala (symptom) dari penyakit yang diderita si meong.

Secara medis, beberapa penyakit kucing yang bisa menyebabkan kucing tidak nafsu makan yaitu sakit gigi, sulit kencing, infeksi saluran pernafasan, ginjal dan inflamasi pada pankreas. Dengan mengobati penyakit tersebut ke dokter hewan terpercaya, maka kucing anda akan kembali mendapatkan nafsu makannya.

· Kucing Stress

Selain sakit, penyebab nafsu makan kucing menurun yaitu karena stress. Hal ini bisa disebabkan karena faktor lingkungan yang membuatnya merasa terancam atau karena ada yang tidak beres di tubuhnya seperti kulit kucing terserang jamur.

· Bosan Karena Makanan Itu-Itu Saja

Kucing juga menjadi salah satu hewan yang mudah sekali bosan terutama dengan makanan yang dikonsumsinya. Jadi, sebaiknya anda jenis makanan secara bergantian misalnya kombinasi antara makanan kering dan makanan basah. Anda dapat juga memberikan snack sebagai selingan agar si mpus tidak bosan.


Lalu, Bagaimana Tips Meningkatkan Nafsu Makan Kucing?

Turunnya nafsu makan kucing tentu menjadi hal yang sangat menyedihkan untuk para pecinta kucing. Hal ini tentu karena jika kucing tidak mau makan maka asupan nutrisinya tidak akan terpenuhi dan kucing bisa sakit ataupun mati. Hal ini tentu tidak boleh terjadi, jika kucing anda tidak nafsu makan sebaiknya ikuti tips meningkatkan nafsu makan kucing berikut ini:


· Mengganti Makanan Yang Biasa Diberikan

Tips meningkatkan nafsu makan kucing yang pertama yaitu gantilah makanan yang biasa diberikan. Misalnya sehari-hari anda memberikannya makanan kering, maka cobalah untuk mengantinya dengan makanan basah. Siapa tahu kucing anda memang bosan dengan makan kering tersebut. Makanan basah juga memiliki aroma yang cukup menyengat dan enak sehingga bisa membangkitkan nafsu makan kucing.


· Menyuapi Kucing Anda

Selain memberikan makanan yang berbeda, anda juga bisa menyuapi kucing anda dengan menggunakan sendok kecil atau tangan. Namun, makanan yang harus diberikan yaitu makanan basah agar lebih mudah. Jika masih tidak bisa, anda bisa juga menggunakan spuit kecil untuk memberikan asupan makanan bagi anabul ini.


· Memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan

Jika tips kedua masih belum berhasil, tips meningkatkan nafsu makan kucing yaitu memberikan vitamin penambah nafsu makan. Namun, untuk pemberian vitamin ini tentu anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan untuk dosis dan vitamin yang harus diberikan. Pemberian vitamin penambah nafsu makan sejauh ini memang paling ampuh untuk meningkatkan nafsu makan kucing.

· Membawa Ke Dokter Hewan Terdekat

Terakhir dan merupakan jalan terbaik yaitu membawa kucing anda ke dokter hewan terdekat. Dokter pastinya akan memeriksa kucing anda dan mengetahui penyebab mengapa kucing tidak mau makan. Siapa tahu kucing anda membutuhkan tindakan seperti diberi infus untuk mengatasi kekurangan nutrisi.


Nah itulah sekilas tentang penyebab dan tips meningkatkan nafsu makan kucing. Dengan tips diatas setidaknya bisa membantu anda yang saat ini sedih dan bingung mengapa si mpus tidak mau makan.

Semoga bermanfaat.


Baca juga : 7 Alasan Pemilik Kucing Perlu Berkunjung ke Dokter Hewan secara Rutin.
14 views0 comments