2 Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer Agar Cepat Kering


foto oleh unsplash


Sebelum memelihara kelinci, Anda perlu tahu hal penting seputar perawatannya. Kelinci merupakan hewan yang menyukai kebersihan. Jika kebersihan bulu dan tubuhnya, maka dapat terserang penyakit seperti kudis/scabies. Penyakit ini dapat menular ke manusia lho. Untuk itulah Anda perlu tahu cara memandikan kelinci tanpa hair dryer supaya kelinci selalu bersih dan sehat.

Berbeda dengan pola memandikan hewan seperti kambing atau sapi yang bisa tinggal siram saja, kelinci tidak bisa diperlakukan seperti itu, butuh trik mandi yang tepat mengingat hewan yang satu ini sangat aktif. Mau tahu cara memandikannya yang benar?


Cara Memandikan Kelinci Tanpa Hair Dryer

Memandikan kelinci, memang identik dengan penggunaan hair dryer terutama saat setelah proses mandi selesai. Tapi, berhubung tidak semua orang punya alat itu maka Petizen bisa menyiasatinya dengan melakukan salah satu cara memandikan kelinci fuzzy lop dan jenis lainnya berikut ini.


1. Jemur di Bawah Matahari

Langkah yang bisa dilakukan dengan menerapkan cara memandikan kelinci tanpa hair dryer adalah mempersiapkan baskom yang sudah diisi dengan air hangat, kemudian sampo untuk kelinci, bedak bayi, kapas, handuk kering, baby oil, dan gunting kuku.

  • Gendong kelinci dengan posisi membelakangi Anda, tutup telinganya menggunakan kapas kemudian masukkan ke dalam baskom air hangat.

  • Masukkan secara perlahan, agar kelinci tidak kaget dan berontak. Lalu, perlu Anda pastikan semua permukaan tubuhnya basah.

  • Ambil sampo dan oleskan secukupnya ke permukaan tubuh kelinci, pijat rata hingga semua kotoran bersih.

  • Bilas hingga bulu kembali bersih tanpa sisa busa. Setelah itu, angkat kelinci dari baskom dan balut dengan handuk kering.

  • Anda bisa menggunakan cara yang sama dengan cara mengeringkan bulu kucing tanpa hair dryer, yaitu mengeringkan dengan handuk. Kemudian jemur kelinci di bawah sinar matahari. Tapi, pastikan tidak lewat dari jam 10 pagi.

  • Jika sudah kering, saatnya untuk membersihkan bagian telinga dan kuku menggunakan cotton bud dan gunting kuku khusus. Lalu, sebelum mengembalikannya ke kandang Anda bisa menaburi bulunya dengan sedikit bedak bayi dan menyisir bulu hingga rapi.

2. Menggunakan Tepung Jagung

Selanjutnya cara memandikan kelinci tanpa hair dryer yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tepung jagung. Biasanya cara ini dilakukan oleh peternak kelinci, di mana kelinci yang dipeliharanya sering terkena lumpur dan sulit untuk dimandikan dengan air.

Selain itu, dinilai efektif bagi Petizen yang punya banyak kelinci supaya bisa lebih cepat proses membersihkan tubuh kelinci tanpa harus menggunakan air dan hair dryer.

Biasanya jika dipaksakan mandi dengan air, maka resiko memandikan kelinci yaitu kelinci akan berontak dan proses mandi jadi lebih lama. Caranya adalah:

  • Letakkan kelinci dalam posisi nyamannya, kemudian beri sedikit tepung jagung pada bagian tubuhnya yang kotor.

  • Setelah itu, Anda ambil sisir khusus untuk kelinci dan sisir pada bagian yang sudah diberi tepung tersebut hingga kotoran yang menempel rontok.

Ternyata ada cara memandikan kelinci tanpa hair dryer yang bisa Anda terapkan, jika tak ingin kelinci banyak tingkah saat dimandikan. Lakukan cara paling efisien, karena hasilnya tetap sama yaitu bisa membersihkan dan membuat bulu kelinci kembali bersih tanpa noda.

Untuk Anda yang butuh kepraktisan dalam memandikan kelinci dengan baik, cukup , kunjungi saja Petshop Kawan Hewan di Gresik. Kawan hewan menggunakan blower dalam grooming sehingga lebih cepat dalam mengeringkan bulu. Jadi, Anda tak perlu bersusah payah lagi menjemur kelinci di bawah terik matahari atau juga tidak perlu membeli hair dryer. Praktis kan!


Baca juga : Inilah Cara Ampuh Mengobati Scabies Pada Kelinci Yang Wajib Diketahui!
2 views0 comments