Agar Tidak Bau, Inilah Cara Membersihkan Kandang Kelinci Paling Tepat Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Saat memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan seperti halnya kelinci, membersihkan kandangnya menjadi salah satu keharusan yang harus dilakukan oleh semua pemilik. Ya, membersihkan kandang menjadi salah satu bentuk perawatan agar kelinci anda merasa nyaman dan pastinya sehat. Sebelum menginjak ke cara pembersihan mari menyimak mengapa pembersihan kandang kelinci secara rutin perlu dilakukan:


1. Menjaga penampilan kelinci

Untuk manfaat ini tentu tidak perlu dijelaskan secara detail karena setiap orang paham dengan membersihkan kandang kelinci secara rutin maka penampilan kelinci juga tetap lucu dan menarik. Hal ini terjadi karena dengan kandang yang kotor maka akan menyebabkan kelinci juga menjadi kotor dan berbau kurang sedap.


2. Mengurangi stress

Dengan menjaga kebersihan kandang, Anda dapat menjaga tingkat stress dari kelinci. Hewan ini memang lucu namun rentan terhadap stress. Kandang yang bersih membuat kelinci nyaman dan akhirnya lebih turun tingkat stressnya.


3. Mencegah kelinci terjangkit ektoparasit

Kondisi cuaca dan iklim di Indonesia menyebabkan beberapa daerah memiliki kelembapan yang tinggi. Hal ini membuat mudahnya ektoparasit seperti tungau (scabies) menyebar pada anabul dan pemiliknya. Scabies merupakan penyakit zoonosis yang dapat menyerang manusia dan hewan. Scabies juga dapat menular antar spesies hewan, salah satunya adalah kucing dan kelinci. Tidak jarang kelinci terkena scabies karena tertular oleh kucing dan sebaliknya. Dengan membersihkan kandang secara rutin, maka penularan ektoparasit juga dapat ditekan.


4. Mencegah kelinci makan kotoran mereka sendiri

Kelinci merupakan hewan yang dapat memakan kotoran mereka sendiri (coprophagy). Untuk mencegah hal ini, bersihkan kandang secara rutin dan beri makanan dengan jumlah yang tepat agar dia tidak memakan kotorannya sendiri.


Nah itulah sekilas tetang manfaat membersihkan kandang kelinci secara rutin. Lalu, bagaimana cara tepat membersihkan kandang kelinci? Simak berikut ulasannya!


Berikut Ini Cara Tepat Membersihkan Kandang Kelinci Agar Nyaman Dan Sehat

Kelinci merupakan salah satu hewan yang lucu dan relatif bersih. Sama seperti kucing, ternyata kelinci juga bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara self grooming. Namun walaupun demikian, sudah pasti kelinci tidak bisa membersihkan kandangnya sendiri.

Nah, tugas membersihkan kandang tentu saja tidak lain dan tidak bukan yaitu anda sendiri sebagai pemilik. Kebersihan kandang menjadi cerminan jika kelinci tersebut dipelihara dengan baik sehingga mereka juga bisa hidup dengan sehat. Membersihkan kandang kelinci juga tidak boleh dilakukan sembarangan, terdapat tips serta aturan yang harus anda ketahui. Berikut ini langkah-langkah membersihkan kandang kelinci yang sebaiknya anda ketahui:


Membersihkan Kandang Kelinci Harian

Tak ada salahnya jika anda membersihkan kandang kelinci setiap hari agar kelinci anda bersih dan harum. Berukut langkah membersihkan kelinci harian yang bisa anda lakukan:

  • Pertama, anda harus mengeluarkan kelincinya terlebih dahulu dari kandang.

  • Keluarkan tempat makan, tempat minum lalu setelah itu cuci sampai bersih.

  • Selanjutnya bersihkan noda-noda kecil seperti tumpahan air, gumpalan urine yang berada di luar litter box yang telah anda sediakan.

  • Keluarkan litter box lalu ganti dengan pasir baru yang telah anda siapkan.

  • Jika semua sudah selesai, anda bisa langsung memasukkan kembali peralatannya dan memasukkan makanan dan minuman baru. Terakhir, anda bisa memasukkan kelincinya kembali.

Membersihkan Kandang Kelinci Mingguan

Jika memang anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan kandang kelinci harian, maka anda juga bisa membersihkan kandang tersebut mingguan. Disarankan untuk membersihkan kandangnya maksimal satu minggung sekali. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

  • Pertama seperti biasa yaitu anda harus mengeluarkan kelinci dari kandang.

  • Selanjutnya keluarkan semua peralatan didalam kandang termasuk aksesoris dan mainannya.

  • Cuci sampai bersih semua peralatan dengan sabun tanpa kandungan parfum. Jangan lupa bilas sampai bersih dan keringkat.

  • Setelah peralatan semua anda cuci, selanjutnya anda harus membersihkan kandang dengan air panas dan cuka untuk membersikan bekas urine yang membandel. Namun jika anda hanya memiliki kandang kecil, maka kandang tersebut bisa anda bongkar terlebih dahulu dan cuci dengan air mengalir sampai bersih.

  • Untuk memastikan kandang kelinci anda sudah steril maka gunakan desinfektan minimal satu minggu sekali agar bakteri yang menempal hilang. Namun setelah menggunakan desinfektan ini pastikan anda sudah membilasnya kembali dengan air bersih.

Itulah cara mudah membersihkan kandang kelinci yang sebaiknya anda ketahui. Walaupun terasa berat karena anda harus meluangkan waktu untuk membersihkan kandang belum lagi bau, namun hal ini tentu bukan masalah bukan? Apalagi untuk hewan peliharaan anda!

Walaupun membersihkan kandang kelinci bisa dilakukan seminggu sekali, namun untuk kotak pasir atau litter box sebaiknya harus diperiksa serta dibersihkan setiap hari. Hal ini tidak hanya membantu untuk menjaga kebersihan saja melainkan penting untuk memastikan jika kotoran dan urine kelinci normal atau tidak. Untuk pergantian pasir pada litter box sendiri sebenarnya tergantung anda, jika memang dirasa hanya cukup dibersihkan saja maka tidak perlu diganti, namun jika memang sudah banyak kotoran tidak ada salahnya jika anda ganti saja.

Nah itulah sekilas tentang cara pembersihan kandang anabul kelinci yang baik. Jangan lupa mencuci tangan dengan bersih sebelum dan setelah membersihkan kandang kelinci agar mengurangi menularnya penyakit zoonosis seperti scabies yang dapat menular dari kelinci ke manusia dan sebaliknya. Semoga bermanfaat!

18 views0 comments