Ini Dia 5 Nutrisi Penting Makanan Anak Kucing Kampung


foto oleh unsplash


Apa kabar, Pawrent? Sudahkah memberi makanan kucing yang bagus untuk anabul kesayangan anda? Nah, sebenarnya sebelum memberikan berbagai jenis makanan anak kucing kampung hal yang paling baik adalah memperhatikan jenis nutrisi yang tepat untuk kucing kampung. Faktor yang harus diperhatikan dalam memelihara kucing selain kasih sayang dari pemilik juga tentu saja nutrisi yang tepat sesuai tumbuh kembangnya.

Vitamin

Meskipun kucing kampung, anda tidak boleh membedakannya dengan kucing mix. Pertama, perhatikan kandungan vitamin dalam sebuah pakan. Secara umum ada dua jenis vitamin dibedakan dari vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Contoh vitamin larut dalam air yakni vitamin C dan B kompleks, sedangkan jenis vitamin yang larut dalam lemak yakni A, D, E, dan K.

Vitamin dalam makanan anak kucing kampung memiliki fungsi penting untuk kebutuhan metabolismenya. Nah, makanan kucing yang mengandung hati, ginjal, gandum dan ragi dianggap sebagai makanan yang kaya akan vitamin.


Protein

Nutrisi kedua yang cukup penting dalam pertumbuhan anabul kesayangan anda adalah protein. Kucing merupakan karnivora sejati sehingga kebutuhan protein pastinya sangat dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Nah, jika anda malas untuk membeli pakan jadi, anda juga bisa memberikan berbagai sumber protein melalui daging, ikan dan telur. Pastikan dalam kondisi rebus ya! Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kemungkinan cemaran toksoplasma.


Mineral

Selain vitamin dan protein, mineral memegang peranan penting dalam nutrisi anabul. Mineral memiliki peranan penting yang berguna sebagai precursor enzim, proses sirkulasi oksigen dalam tubuh serta keseimbangan pH dalam tubuh. Nah, kandungan mineral yang dibutuhkan oleh anabul diantaranya Zat Besi, Magnesium, Phospor, Kalium, Kalsium serta Mangan.


Serat dan Karbohidrat

Meskipun anabul merupakan karnivora sejati namun dalam makanan anak kucing kampung tetap membutuhkan serat dan karbohidrat. Fungsi serat dan karbohidrat ini yakni sebagai sumber energi serta membantu pencernaan. Akan tetapi, pemberian serat dan karbohidrat tetap harus sangat dibatasi karena sebenarnya kucing adalah hewan karnivora sejati atau hewan pemakan daging.


Air

Mungkin akan cukup jarang menemukan kucing sedang minum, biasanya mereka mengonsumsi minuman dalam jumlah yang sedikit. Namun, anda sebagai pawrent tetap harus menyediakan minuman untuk menghindari kucing dehidrasi. Ciri yang mudah ditemukan ketika kucing dehidrasi adalah lihat keadaan bulu kucing. Ketika bulu tampak rontok dan tidak mengkilap biasanya tanda awal kekurangan cairan.

Ada banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan anabul. Jika anda bingung menentukan mana pakan yang sesuai dengan kelengkapan nutrisi, lebih baik menggunakan pakan olahan pabrik. Pakan olahan pabrik biasanya sudah disesuaikan dengan kandungan nutrisi serta usia dan bobot dari anabul.


Baca juga : 7 Fakta Keunikan Kucing Kampung Yang Menarik Untuk Diketahui