Cat Lovers Wajib Tahu! Inilah Berbagai Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengatasinya!


foto oleh unsplash


Muntah merupakan suatu umum yang sering dialami tak hanya oleh manusia saja melainkan hewan juga seperti halnya kucing. Kucing muntah umumnya didahului dengan banyaknya keluar air liur, menelan terlalu banyak, menjilat bibir ataupun menguap. Kucing muntah juga bisa ditandai dengan adanya kontraksi perut yang cukup kuat serta kepala yang terayun-ayun. Lalu, apa sebenarnya penyebab kucing muntah? Berikut Penjelasannya!


Inilah Penyebab Kucing Muntah Yang Sebaiknya Diketahui Oleh Para Pecinta Kucing!

Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan kucing muntah. Muntah pada kucing juga bisa berarti terdapat masalah pada saluran pencernaannya, adanya masalah ringan seperti hair balls atau bahkan masalah fatal seperti keracunan. Sebagai pemilik hewan berbulu ini, anda tentu perlu mengetahui apa saja penyebab kucing muntah dan berikut beberapa diantaranya:


1. Hair balls

Penyebab kucing muntah yang pertama yaitu karena hair balls atau bola rambut. Ketika kucing menjilati tubuhnya sendiri, kemungkinan bulu-bulu yang rontok akan tersangkut pada duri kecil yang ada dilidahnya. Saat bulu tersebut menempel pada lidahnya, kucing biasanya tidak akan bisa mengeluarkannya kembali dan terpaksa harus ditelan.

Lama kelamaan, bulu akan menggumpal dalam perut dan akan memakan ruang. Nah, dikarenakan hal ini membuat kucing tidak nyaman maka kucing tersebut akan memuntahkannya. Biasanya kucing tersebut akan memuntahkan bola rambut yang disertai dengan cairan kuning. Namun, hair balls bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan dan anda bisa mengatasinya dengan memperhatikan perawatan bulunya jangan sampai rontok.


2. Makan Terlalu Cepat

Selain hair balls, penyebab kucing muntah selanjutnya yaitu karena makan terlalu cepat dan terlalu berlebihan. Masalah ini biasanya akan terjadi jika dalam satu rumah terdapat beberapa kucing dimana ketika anda memberikannya secara bersamaan maka insting dari hewan ini akan berkerja dimana mereka akan bersaing dan tidak mau kehabisan.

Alhasil, kucing-kucing tersebut akan makan banyak dan cepat sehingga bisa jadi perutnya akan penuh dan ia akan kembali memuntahkan makanan tersebut. Untuk menangani hal ini anda bisa memberi setiap kucing yang dimiliki mangkuk makanan satu-satu (dalam porsi kecil) sehingga mereka memiliki tempat sendiri ketika makan.


3. Alergi Makan

Beberapa jenis kucing bisa mengalami gejolak pencernaan dari sensitivitas serta alergi makanan. Untuk itu, maka perhatikan baik-baik perilaku yang ditunjukkan oleh hewan kesayangan anda sebelum serta sesudah makan. Kucing muntah yang disebabkan karena adanya alergi makanan juga biasanya ditandai dengan beberapa gejala lain seperti diare, bulu rontok dan gatal. Jika hal ini terjadi maka pastikan anda segera membawanya ke dokter hewan terdekat.


4. Makanan Yang Tidak Bisa Dicerna

Penyebab kucing muntah selanjutnya yaitu karena makanan yang tidak bisa dicerna. Kucing biasanya akan mengigit bahkan memakan apa saja yang ada didepannya bahkan seperti rumput, tissue dan sebagainya. Kucing biasanya akan memuntahkan kembali barang tersebut karena tidak bisa dicerna. Untuk menghindari agar hal tersebut terjadi kembali maka pastikan anda menjauhkan kucing anda dari benda-benda yang kemungkinan bisa dikunyah hewan tersebut.


5. Hamil

Tidak hanya manusia saja, ternyata kucing juga bisa mengalami morning sickness ketika hamil. Walaupun tidak semua kucing mengalami hal tersebut, namun pada tahap awal kehamilan biasanya kucing anda akan mengalami mual dan kurang nafsu makan. Selain itu, kucing hamil juga akan lebih sensitif dan muntah sembarangan. Fase tersebut lalu akan memudar beberapa minggu. Untuk memastikan penyebab kucing muntah karena hamil atau tidak, anda bisa langsung memeriksakannya pada dokter hewan.


6. Infeksi Serta Parasit

Dari beberapa kasus yang terjadi, kucing muntah juga disebabkan karena adanya infeksi bakteri dan parasit. Parasit yang dimaksud seperti cacing pita, cacing gelang, cacing tambang dan cacing kuku. Sementara infeksi bakteri seperti salmonella yang bisa menyebabkan muntah. Kucing muntah yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri dan parasit biasanya ditandai dengan diare, penurunan berat badan dan kurangnya nafsu makan.


7. Keracunan

Penyebab yang terakhir yaitu karena keracunan. Kucing biasanya akan memuntahkan zat yang akan mengancam nyawanya sebagai bentuk perlindungan tubuh. Kasus keracunan ini tentu saja berdampak fatal untuk kucing apalagi jika muntah tersebut disertai dengan diare. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya segera bawalah kucing anda ke dokter hewan terdekat untuk ditindaklanjuti.


Nah itulah penyebab kucing muntah dan cara mengatasinya yang sebaiknya anda ketahui apalagi jika anda memiliki hewan berbulu ini. Dengan mengetahui penyebab setidaknya anda tidak perlu panik dan tahu apa yang harus dilakukan ketika kucing anda mengalami muntah.

Baca juga : Kenali Tanda Kucing Keracunan agar Bisa Segera Memberi Pertolongan