Hampir Sulit Dibedakan, Inilah Perbedaan Kucing Himalaya Dan Ragdoll Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh pxhere


Seperti yang kita ketahui jika saat ini ada banyak sekali kucing dari berbagai ras yang berbeda. Bagi beberapa orang, membedakan ras kucing menjadi salah satu hal yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Terlebih lagi jika memang Anda belum memiliki pengetahuan lebih tentang ras-ras kucing yang saat ini ada.

Beberapa ras kucing memang seringkali sulit dibedakan. Salah satu kucing ras yang selalu dianggap serupa namun sebenarnya tidak sama adalah kucing Himalaya dan Ragdoll. Lalu, apa saja sebenarnya perbedaan kucing Himalaya dan Ragdoll? Simak berikut ulasannya!


Perbedaan Kucing Himalaya Dan Ragdoll Yang Membuat Banyak Orang Kesulitan Membedakannya!

Kucing Himalaya dan Ragdoll merupakan dua jenis ras kucing yang memiliki kesamaan cukup signifikan sehingga cukup sulit untuk dibedakan. Kedua ras kucing ini memiliki bulu yang sama indahnya dengan karakter yang juga tidak jauh berbeda.

Namun walaupun sekilas terlihat sama, ternyata terdapat perbedaan dari kedua ras kucing yang banyak dipelihara ini. Lantas, apa saja perbedaan kucing Himalayan dan Ragdoll? Berikut beberapa perbedaan spesifik yang bisa Anda lihat:


Warna Dan Corak

Perbedaan pertama bisa Anda lihat dari warna dan corak bulunya. Umumnya hampir semua anak kucing Himalaya terlahir dengan warna putih dan warna aslinya baru akan muncul setelah beberapa minggu. Biasanya warna bulu dari kucing ini akan bergantung pada gen yang dipengaruhi oleh enzim.

Sementara enzim akan terbentuk karena adanya pengaruh suhu sehingga warna bulu dari kucing Himalaya akan bergantung pada suhu tubuh dan lingkungan sekitarnya. Sedangkan sebagian besar kucing Ragdoll umumnya berwarna putih ataupun krem dengan corak dan warna berbeda.


Bulu

Walaupun sama-sama memiliki bulu yang indah, namun terdapat perbedaan yang bisa terlihat antara kucing Himalaya dan Ragdoll. Ragdoll memiliki bulu yang sangat halus seperti sutra. Walaupun bulunya cukup tebal namun bulu bagian bawah dari kucing ras ini tidak setebal kucing Himalaya.

Sedangkan Himalaya memiliki bulu panjang yang hampir mirip dengan kucing ras Persia. Himalaya memiliki bulu yang super tebal serta halus. Saking tebalnya, kucing ini juga akan terlihat besar atau gemuk. Menggemaskan bukan?


Tampilan Wajah

Hal lain yang bisa menjadi pembeda antara kucing Himalaya dengan kucing Ragdoll yaitu bisa dilihat dari warna matanya. Kucing Himalaya umumnya memiliki mata berwarna biru yang berbentuk besar dengan wajah data. Sedangkan kucing Ragdoll memiliki tampilan wajah berbeda dimana wajahnya berbentuk segitiga dengan mata oval dan berwarna biru samar.


Bentuk Tubuh

Jika Anda sedang mencari kucing bertubuh besar, maka kucing Himalaya dan Ragdoll sama-sama memenuhi kriteria tersebut. Kucing Ragdoll cukup terkenal sebagai hewan bertubuh besar, bahkan ukuran tubuhnya kerap dibandingkan dengan ukuran ras anjing tertentu. Ragdoll juga memiliki kaki yang cukup panjang sehingga pergerakannya lebih lincah.

Walaupun sama-sama memiliki bentuk tubuh besar, namun kucing Himalaya sedikit lebih kecil dibandingkan kucing Ragdoll. Kucing ras ini juga berbentuk bulat dengan kaki relatif pendek sehingga mereka jarang bisa meloncat.


Nah itulah beberapa perbedaan kucing Himalaya dan Ragdoll yang sebaiknya Anda ketahui. Kedua kucing ini memiliki sifat yang lebih serta tenang. Hal inilah yang tentu saja membuat kedua kucing ini cocok dijadikan hewan peliharaan. Mereka juga sangat senang bermain sehingga pastikan jika Anda telah memilih salah satu dari dua ras kucing ini, sempatkanlah waktu untuk bermain walaupun sebentar saja. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Ciri-ciri Kucing Himalaya yang Unik dan Perawatannya
8 views0 comments