Perhatikan! Inilah Beberapa Persiapan Sebelum Vaksinasi Kucing.


foto oleh pexels


Seperti yang kita ketahui bahwa vaksinasi merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan semua catlovers agar hewan kesayangannya terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Terutama penyakit infeksius cepat menyebar dan membahayakan jiwa anabul. Sama seperti hewan lainnya, kucing juga menjadi salah hewan yang rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa saja mengancamnya nyawanya.

Vaksinasi menjadi langkah awal untuk menjaga kucing anda agar tidak rentan terinfeksi berbagai virus penyebab penyakit. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan vaksinasi, tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan. Lalu, apa saja persiapan sebelum vaksinasi? Simak berikut ulasannya!


Berikut Beberapa Persiapan Sebelum Vaksinasi Kucing Yang Sebaiknya Diketahui Semua Catlovers

Sebelum memutuskan untuk melakukan vaksinasi pada hewan kesayangan anda, tentu saja terdapat beberapa hal penting yang sebaiknya anda perhatikan. Lantas, apa saja sebenarnya persiapan sebelum vaksinasi kucing? Simak berikut beberapa diantaranya:


1. Pastikanlah Kucing Anda Dalam Keadaan Sehat

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan vaksinasi, maka konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter hewan terdekat tentang kondisi kesehatan kucing anda. Pastikan bahwa kucing anda benar-benar dalam keadaan sehat ketika akan melakukan vaksinasi. Jika kondisi tubuh dari hewan kesayangan anda ini tidak bugar, maka biasanya dokter tidak menyarankan untuk dilakukan vaksinasi.


2. Kucing Tidak Dalam Kondisi Stress

Selain memastikan kucing dalam keadaan sehat, sebelum melakukan vaksinasi juga anda tentu saja perlu memastikan bahwa kucing anda dalam kondisi baik, tidak tertekan maupun stres. Untuk mengetahui bahwa kucing anda dalam kondisi baik, anda bisa melihat sikapnya selama beberapa hari kebelakang, apa terjadi perubahan sikap atau tidak. Stress dapat menurunkan imunitas kucing.


3. Kucing Sudah Cukup Umur

Untuk bisa melakukan vaksinasi maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apakah kucing anda sudah cukup umur untuk diberikan vaksinasi atau belum. Syarat minimal umur kucing yang divaksin umumnya yaitu antara 6 – 8 minggu.

Di usia tersebut, antibodi dari induk kucing akan diturunkan kepada anaknya dalam jumlah tertentu (melalui kolostrum). Oleh sebab itu, ketika antibodi turunan induk berada di posisi rendah dan tubuh kitten sudah siap, inilah menjadi waktu terbaik untuk diberikan vaksin agar tubuh kucing anda kebal terhadap penyakit.


4. Lingkungan Tempat Tinggal Kucing

Kucing yang terbiasa dari kecil tinggal didalam rumah serta bergaul dengan manusia akan membangun karakternya menjadi kucing rumahan. Perbedaanya dengan kucing liar yaitu mereka akan jauh lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit, perubahan cuaca, makanan serta lainnya.

Kucing yang terbiasa di jalan tidak bisa diidentifikasi secara jelas apakah membawa penyakit atau tidak. Sementara kucing rumahan yang jelas asal-usulnya tentu memiliki kebutuhan khusus karena mereka berada di lingkungan rumah. Hal tersebut mulai dari kebersihan tempat kotoran, tempat makan & minum bahkan seluruh isi rumah yang dijadikannya tempat bermain harus bersih.


5. Kucing Harus Bebas Dari Parasit

Persiapan sebelum vaksinasi kucing berikutnya yaitu memastikan bahwa kucing anda bebas dari parasit atau tidak. Parasit merupakan salah satu organisme yang akan menghambat proses kerja vaksin. Ya, keberadaan parasit dalam tubuh kucing tentu akan mengganggu karena bisa menggerogoti nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing untuk proses pembentukan kekebalan tubuh dari vaksin. Jadi, sebelum memutuskan untuk vaksin, berantas terlebih dahulu parasit yang ada dalam tubuh kucing anda.


6. Kondisi lain

Selanjutnya, pastikan kucing tidak habis mandi/grooming karena biasanya setelah mandi/grooming kadang kucing menjadi agak stress. Oleh karena itu perlu diberi waktu minimal 3 hari dari waktu mandinya terakhir. Lalu pastikan juga dia tidak sedang birahi, karena birahi juga dapat menimbulkan stress.


Nah itulah beberapa persiapan sebelum vaksinasi kucing kesayangan anda. Hal tersebut perlu benar-benar diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk melakukan vaksinasi. Salah satu cara untuk tahu apakah kucing anda sudah siap vaksinasi atau belum tentu saja dengan berkonsultasi kepada dokter hewan. Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan kucing anda sebelum dilakukan tindakan vaksinasi. Jadi, pastikan pilihlah dokter profesional yang bisa anda andalkan. Semoga Bermanfaat!


Baca juga : Mengenal Kolostrum Untuk Kucing, Nutrisi Ideal Untuk Imunitas Tubuhnya!
24 views0 comments