Reptil yang Mudah Dipelihara dan Persiapan Sebelum Merawatnya


foto oleh bangscience.org


Reptil merupakan hewan peliharaan yang out-of-the-box. Bila Anda ingin mempunyai hewan piaraan berbentuk reptil, Anda wajib cermat memilihnya. Reptil tidak seluruhnya menyeramkan serta beracun. Terdapat beberapa tipe reptil yang menawan serta amat aman buat dipelihara.

Mau tahu hewan reptil apa saja yang aman buat dipelihara? Simak keterangannya berikut:


Cornsnake

Ini merupakan ular yang lucu dan tidak beracun dari keluarga Colubrid. Dengan wajah serta karakternya yang imut dan jinak, membuat cornsnake amat gampang dipelihara. Untuk Anda yang fobia pada ular, dapat mencoba terapi dengan ular ini, karena ukurannya amat kecil. Panjang maksimalnya cuma kurang lebih 1,5 m.

Ular ini jarang banget menggigit, hidupnya juga pula amat lama, yakni kurang lebih 20 tahun. Pakan untuk reptile ini adalah tikus putih yang kadang dijadikan objek percobaan di laboratorium.


Blue Iguana ( Iguana Biru)

Jikalau iguana pada biasanya bercorak hijau, tetapi ternyata ada juga iguana yang berwarna biru. Untuk sifat, Iguana biru ini memiliki karakter seperti iguana pada umumnya (iguana hijau). Iguana ini juga bersifat herbivora sehingga cukup diberi buah dan sayur saja.

Hendak namun, bila ingin memelihara iguana kecil ini ada baiknya Anda janganlah terlalu banyak memberinya makan. Karena iguana kecil ini jika terlalu kenyang akhirnya bisa menyebabkan gangguan pada kesehatanya.


Tegu( Kadal Argentina)

Janganlah terkecoh dengan wajah sangarnya. Percayalah, ini merupakan kadal dengan watak yang tenang, tidak sering menggigit, serta aman buat dipelihara. Hidupnya dapat mencapai 15- 20 tahun.

Makanannya ialah tikus putih dan dapat pula menyantap buah- buahan.


Ball Python( Piton Bola)

Ini merupakan salah satunya ular terjinak di bumi. Paling tidak seperti itu anggapan para ilmuwan mengenai Ball Python. Ular ini memiliki habitat asli di Benua Afrika namun sudah ada yang mencoba mengembangbiakkannya di negeri ini.

Disebut lucu, sebab ular ini bila terancam tidak menggigit, namun malah bakal menyelamatkan diri dengan membuat bola. Seperti itu penyebabnya kenapa dikenal Ball Python. Makanannya juga amat gampang, yakni tikus kecil. Karakternya yang pemalu amat sejalan dengan wujudnya yang imut. Panjang badan ular ini hanya 1,6 meter.


Spiderman Lizard ( Kadal Spiderman)

Jika karakter spiderman di dunia perfilman identik dengan hewan laba-laba, ternyata ada juga kadal dari afrika yang memiliki corak warna tubuh mirip dengan kostum superhero tersebut. Kadal yang langka ini suka hidup berkelompok. Reptil ini mempunyai warna merah pada bagian kepala sampai punggungnya sedangkan di bagian kaki belakang sampai ekor bercorak biru. Kadal ini juga jinak walaupun dijumpai di alam liar.


Bearded Dragon

Bearded Dragon ataupun Naga Berjanggut. Kadal ini berasal darI Australia. Saat ini naga berjanggut merupakan piaraan populer di seluruh dunia. Hal ini disebabkan hewan ini gampang untuk dipelihara oleh pemula. Makannya juga tidak susah sebab sifatnya yang omnivora.

Baca juga : Inilah Fakta Menarik Tentang Bearded Dragon, Reptil Eksotis Yang Bisa Ganti Kelamin!

Gecko Lizard

Hewan ini memanglah terkesan lucu serta mirip dengan tokek. Tetapi percayalah kalau ini bukan tokek, karena Gecko tidak dapat melekat pada dinding. Pakannya juga amat gampang, adalah jangkrik ataupun ulat hongkong. Istimewanya, hewan ini saat berganti kulit bakal menyantap kulit lamanya sampai habis tidak tersisa. Tidak hanya itu warnanya pula beraneka ragam dan menawan.


Tips Persiapan Memelihara Reptil

Setelah memilih reptil yang cocok, perhatikan pula beberapa tips berikut jika Anda mulai memelihara hewan jenis ini:


1. Ukuran hewan

Berbicara tentang reptil, ukuran hewan yang hendak Anda perhatikan sejak dini. Karena, mereka mempunyai perkembangan yang amat cepat serta dapat menyulitkan Anda. Ilustrasinya adalah ular piton yang dibeli dengan ukuran 50 cm dalam durasi 5 bulan dapat jadi 150 cm. Sebaliknya pilihlah jenis hewan yang tidak terlalu besar agar tidak menyulitkan


2. Sediakan tempat yang cocok dengan habitatnya

Salah satu kekeliruan biasa yang dicoba oleh owner hewan reptil ialah tempat pemeliharaan. Tidak sedikit yang menganggap kalau reptil dapat dipelihara seperti hewan lain di kandang biasa. Sementara itu, mereka sepatutnya diletakan pada tempat yang membuatnya aman seperti pada lingkungan aslinya. Jadi, pastikan untuk menciptakan tempat yang cocok kebutuhannya supaya hewan tidak tertekanan sampai menyakiti dirinya sendiri.


3. Berikan pakan yang sesuai

Saat Anda mempunyai anjing, anda kadang dapat memberikan pakan yang serupa dengan makanan manusia seperti nasi alih-alih makanan anjing sepanjang waktu. Tapi jika Anda mau memelihara reptil, hal ini tidak berlaku. Anda wajib membiasakan memberikan pakan yang memanglah cocok buat reptil. Misalnya ular yang wajib diberi makan tikus sebab sifatnya yang karnivora. Bila diberi nasi, pasti ular tidak hendak menyantapnya.


4. Memperhatikan temperatur

Reptil mempunyai temperatur badan yang berbeda dengan hewan yang lain. Reptil adalah hewan berdarah dingin (tidak mempunyai mekanisme untuk menjaga suhu tubuh dalam dirinya). Ilustrasinya, sebagian tipe hewan perlu berjemur setiap hari di habitat aslinya. Ini diperlukan buat keberlangsungan hidup hewan. Jadi, bila Anda hendak menjaga reptil, suhu juga harus dicermati serta janganlah asal- asalan. Alih- alih berkembang dengan bagus, reptil Anda malah dapat mati bila terletak pada temperatur yang tidak cocok.


Nah itulah reptil yang aman diperlihara serta beberapa tips sebelum merawatnya. Share ya!