Ingin Si Mpus Tetap Sehat? Kenali Jenis Vitamin Yang Harus Diberikan Berikut Ini!


foto oleh unsplash


Saat memutuskan untuk memelihara kucing, anda tidak hanya dituntut untuk menyediakan makan serta memberikan tempat tinggal yang layak saja. Terlepas dari hal tersebut, anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kucing. Salah satunya adalah pemberian vitamin kucing. Sama halnya dengan vaksinasi, pemberian vitamin juga tentu tidak kalah penting agar kucing anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.


Lalu, Jenis Vitamin Kucing Apa Saja Yang Harus Diberikan?

Bagi yang baru mengadopsi atau memelihara kucing, pastinya kebanyakan dari anda belum mengetahui apa saja vitamin yang harus diberikan kepada hewan berbulu ini. Nah, jika berbicara tentang kebutuhan akan vitamin, kucingpun sama dengan manusia dimana mereka membutuhkan asupan vitamin. Vitamin tersebut seperti vitamin A, vitamin B, protein, vitamin E, Omega 3, Omega 6, vitamin C, Vitamin K hingga vit D.

Setiap vitamin tentu memiliki fungsinya masing-masing seperti vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh, protein untuk menjaga antibodi. Ada juga vitamin E dan C yang berfungsing untuk perkembangan tulang dan gigi serta masih banyak lagi. Semua asupan vitamin tersebut penting dan dikelompokkan menjadi beberapa jenis vitamin kucing. Berikut beberapa jenisnya:


1. Vitamin Untuk Bulu Kucing

Jenis vitamin yang harus diberikan kepada si mpus yang pertama yaitu vitamin untuk bulu kucing. Tentu kita tahu bahwa beberapa ras kucing memiliki bulu yang panjang dan mudah rontok. Nah, untuk meminimalisir kerontokannya ini maka dibutuhkan vitamin khusus bulu kucing.

Umumnya pemberian vitamin ini akan bersamaan dengan waktu pemberian makan atau minum dengan dosis yang disesuaikan. Vitamin khusus bulu kucing ini tentu sudah dijual hampir di seluruh Pet shop di Indonesia.


2. Vitamin Penggemuk

Kucing yang terlihat sehat serta gemuk merupakan kucing yang rutin diberikan vitamin penggemuk. Ya, pemberian vitamin penggemuk ini tentu saja bertujuan untuk menaikkan berat badan si mpus. Umumnya vitamin penggemuk mengandung beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang sudah dikombinasikan dengan minyak ikan. Namun, sebaiknya untuk pemberian vitamin ini anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan yang terpercaya.


3. Vitamin Kucing Hamil

Tidak hanya manusia saja yang ketika hamil harus diberikan vitamin, kucing hamilpun tentu sangat membutuhkan asupan vitamin. Memberikan vitamin kepada kucing hamil bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh induk serta sebagai suplemen untuk anaknya didalam rahim.

Selain itu, pemberian vitamin kucing hamil juga bisa melancarkan proses lahiran dan anak kucing sehat. Umumnya, vitamin yang harus diberikan seperti vitamin A, vitamin D dan vitamin E.


4. Vitamin Anak Kucing

Saat anak kucing memasuki usia 7 minggu, maka anak kucing tersebut siap untuk disapih dari induknya. Nah, pada saat itu juga pemberian vitamin memang sangat dianjurkan untuk membantu pertumbuhan anak kucing tersebut. Tak hanya pemberian vitamin saja, anda juga perlu memberikan nutrisi yang seimbang.


Nah itulah jenis vitamin kucing yang sebaiknya diberikan sesuai dengan kebutuhan. Kini menemukan vitamin kucing tentu tidak sulit karena sudah diperjual belikan di apotek hewan dalam bentuk pil, gel dan sebagainya . Namun, sebelum memutuskan untuk memberikan vitamin kepada si mpus, sebaiknya konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter hewan profesional.


Baca juga : Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat, Gemuk dan Lucu
15 views0 comments