Mengenal Sejarah Dan Tema World Veterinary Day 2022


foto oleh unsplash


Tahukah anda? hampir setiap tahun pada hari Sabtu minggu ke-4 di bulan April telah disepakati sebagai World Veterinary Day (WVD). Setiap tahunnya WVD selalu diperingati dengan tema yang berda-beda. Lalu, apa tema World Veterinary 2022? Sebelum anda mengetahui apa temanya, simak berikut sejarah terbentuknya World Veterinary Day!


Sejarah World Veterinary Day

World Veterinary Day atau dikenal juga dengan WVD terbentuk dari sebuah pertemuan yang dilakukan di Hamburg, Jerman sekitar tahun 1863. Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Profesor John Gamgee dari Veterinary College of Edinburgh. John Gamgee mengundang seluruh dokter hewan di Eropa untuk membahas tentang cara mencegah serta mengendalikan penyakit epizootic. Nah, pertemuan tersebut akhirnya menjadi hari pertama ditetapkannya World Veterinary Association.

World Veterinary Association (WVA) terdiri dari asosiasi veteriner nasional dari berbagai negara di seluruh dunia. Anggota WVA berasal dari kurang lebih 70 negara di dunia. Tujuan terbentuknya hari tersebut yaitu agar profesi dokter hewan diakui secara global dengan cara mulai dari meningkatkan komunikasi antar dokter hewan, masyarakat umum dan organisasi.

Wold Veterinary Day pertama kali diperingati pada tahun 2001. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan karya dokter hewan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan manusia dan hewan, keamanan pakan, perlindungan lingkungan, transportasi hewan dan karantina serta konservasi.

World Veterinary Association telah terbentuk kurang lebih selama 159 tahun. Semua negara anggota terus berjuang untuk menyatukan dokter hewan di seluruh dunia demi kepentingan hewan, manusia dan lingkungan. Agar setiap tahunnya peringatan tersebut lebih berkesan maka tak heran jika World Veterinary Day selalu diperingati dengan berbagai tema menarik.


Tema World Veterinary Day

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas jika World Veterinary Day selalu diperingati setiap hari Sabtu minggu ke-4 di bulan April. Untuk tahun ini peringatan World Veterinary Day jatuh pada hari Sabtu tanggal 30 April.

Tema World Veterinary Day 2022 yaitu Strengthening Veterinary Resilience. Tema ini dipilih untuk mendukung penguatan peran profesi dan kontribusi dokter hewan terhadap kesehatan hewan, kesehatan manusia dan lingkungan. Seluruh dokter hewan dipanggil untuk memastikan jika semua hewan memiliki kesempatan hidup dan memastikan kesejahteraannya. Dengan kata lain memastikan kehidupan dan kesejahteraan hewan merupakan prioritas utama.

Terlepas dari sejarah dan tema dari World Veterinary Day 2022, kita tahu juga bahwa dokter hewan merupakan salah profesi yang mulia karena mereka akan selalu memikirkan kesehatan hewan dan manusia. Selain itu, dokter hewan juga akan selalu menjamin kesehatan serta kualitas setiap produk asal ternak seperti telur, daging ayam, daging sapi, kambing, domba hingga susu sebelum dikonsumsi oleh manusia.

Dokter hewan juga memiliki peranan penting untuk mencegah penularan penyakut hewan ke manusia. Karena peranannya yang sangat penting maka seluruh negara di dunia sangat membutuhkan peran aktif dari profesi dokter hewan. Bukan karena hewan-hewan saja yang membutuhkan dokter melainkan karena dokter hewan merupakan tipe individu yang tidak mementingkan diri sendiri, penuh perhatian dan kasih sayang serta selalu memastikan jika hewan-hewan dalam keadaan sehat.

Dokter hewan juga tak hanya peduli terhadap hewan-hewan peliharaan saja melainkan juga hewan liar termasuk kucing liar salah satunya. Karena sikap yang sangat mulia ini maka peringatan Wolrd Veterinary Day akan teramat penting diperingati sebagai wujud penghormatan dan terimakasih kepada seluruh dokter hewan di dunia. Happy World Veterinary Day untuk semua dokter hewan di seluruh dunia!


Baca juga : Mengenal NKV (Nomor Kontrol Veteriner), Izin Khusus untuk Usaha Produk Hewan
16 views0 comments