5 Fakta Unik Hamster yang Jarang Diketahui


foto oleh unsplash


Hewan kecil yang imut ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak sekali orang.

Hewan ini juga tak membutuhkan kandang yang besar serta mudah untuk dirawat.

Jika sebelumnya Anda berniat untuk memelihara hamster, ada baiknya anda lebih mengenal tentang hewan imut ini. hewan yang satu ini ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta unik lho. Nah, berikut ini 5 Fakta Unik Hamster yang wajib Anda ketahui.


Fakta Unik Hamster


1. Memiliki Kegemaran Menimbun Makanan dan Kantung Pipi Multifungsinya

Fakta Unik Hamster pertama adalah hewan ini suka menimbun makanan. Oleh karena itu hewan ini dinamakan “Hamster”. Kata “Hamster” diambil dari Bahasa Jerman yakni “Hamstern” yang memiliki arti “Hoard” dalam Bahasa inggris dan “Timbun” dalam Bahasa Indonesia.

Menimbun makanan ini adalah salah satu kebiasaan Hamster. Terlebih, mereka memiliki kantung pipi yang cukup luas untuk membawa makanan serta menimbunnya ke dalam tempat persembunyian makanan yang mereka miliki.

Selain bisa digunakan untuk membawa makanan, kantung pipi ini juga multifungsi lho. Hamster bisa menggunakan kantung pipi mereka untuk membawa anak-anak mereka saat sedang ada bahaya. Selain itu, kantung pipi ini juga bisa diisi udara sehingga membuat Hamster bisa mengapung di air.


2. Memiliki Angka Harapan Hidup yang Cukup Pendek

Fakta Unik Hamster yang kedua adalah hewan ini memiliki umur yang cukup pendek yakni hanya 2 hingga 4 tahun. Meski begitu, tak jarang pula ada Hamster yang bisa hidup lebih dari 4 tahun. Umur Hamster ini sangat dipengaruhi oleh perawatan serta pola hidup hewan tersebut.


3. Gigi Hamster Selalu Tumbuh

Seperti hewan pengerat jenis lainnya. Gigi yang dimiliki oleh Hamster juga tak berhenti untuk tumbuh lho. Oleh karena itu, Hamster sering mengikis giginya dengan mengunyah potongan kecil batang atau cabang pohon untuk terus mempertahankan panjang gigi yang optimal dan simetris.

Oleh karena itu, jika Anda memelihara Hamster akan lebih baik apabila Anda menyediakan potongan cabang kayu organik dari pohon buah-buahan agar bisa digunakan oleh Hamster tersebut untuk mengikis giginya.


4. Gampang Stress

Karena sifat alami Hamster yang merupakan salah satu jenis hewan yang lemah dan mudah dimangsa oleh predator, maka Hamster ini selalu bersikap waspada serta memiliki reaksi yang cukup cepat terhadap munculnya bahaya. Oleh karena itu, Hamster ini membutuhkan lingkungan yang positif agar bisa merasa lebih aman serta nyaman.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan stress pada Hamster seperti gaya hidup yang tidak aktif, kebersihan yang tak memadai, kekurangan nutrisi hingga adanya patogen.

Nah, agar Hamster milik Anda bisa bergerak lebih aktif meskipun berada di dalam kandang yang sempit Anda bisa menaruh roda putar di dalam kandang tersebut. Anda dapat juga menambahkan mainan lainya. Hamster sangat menyukainya lho. Dengan bergerak aktif, hamter juga terhindar dari masalah kesehatan seperti obesitas.


5. Hamster Bisa Memakan Anak-anaknya

Bagi Anda yang memiliki Hamster yang baru saja melahirkan beberapa anak-anak Hamster. Lebih baik, Anda menjaganya dengan ekstra hati-hati ya. Dalam beberapa kasus, Hamster Jantan dan Betina bisa memakan anak-anak mereka sendiri lho. Hal ini mungkin bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satu penyebab hamster bersifat kanibal adalah ketika bau anaknya tercampur dengan bau manusia. Usahkan tidak langsung menyentuh bayi hamster yang baru lahir. Berikan waktu supaya ibu dan bayi hamster lebih beradaptasi terhadap lingkungan dan ownernya.


Nah itulah fakta singkat tentang keunikan hamster. Jika Anda tertarik memeliharanya Anda bisa mencoba memilih hamster jenis winter white yang lebih mudah dipelihara dibandingkan yang lain. Share artikel ini ya agar lebih banyak yang tahu tentang fakta unik hewan lucu ini.


Baca juga : Apa Penyebab Hamster Menjadi Kanibal?
5 views0 comments
 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.