top of page

Kucing Berkelahi? Yuk, Kenali Sebab Dan Cara Mencegahnya!


Foto oleh pixabay


Tahukah Anda? Dibalik sifat manja serta mudah dekat dengan pemiliknya, ternyata kucing menjadi salah satu hewan yang tidak mudah akrab dengan sesamanya. Bahkan ketika bertemu, mereka akan berkelahi satu sama lain. Ya, kucing berkelahi memang menjadi hal yang biasa terjadi, namun tidak sedikit orang yang belum tahu sebenarnya apa penyebab kucing berkelahi. Lalu, apa sebenarnya penyebab kucing berkelahi? Simak berikut ulasannya!


Berikut Ini Berbagai Penyebab Kucing Berkelahi Yang Sebaiknya Diketahui!

Sebagai pemilik kucing, tentu bukanlah hal yang baru ketika melihat hewan kesayangan berkelahi dengan kucing lain. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab kucing berkelahi? Dan berikut ini beberapa penyebab atau alasan kucing berkelahi:


1. Masalah Wilayah

Salah satu pemicu kucing berkelahi pertama yaitu karena masalah wilayah atau teritorial miliknya yang merasa akan ditempati kucing lain. Ya, kucing termasuk hewan teritorial yaitu hewan yang hidup dengan menguasai area (territory) tertentu. Hal ini bersifat alamiah dan ditemui juga di kucing besar seperti harimau. Kucing akan berjuang untuk selalu mempertahankan area kekuasaannya.

Perkelahian ini biasanya terjadi di luar rumah karena kucing lain merambah ke wilayah kucing peliharaan Anda. Perkelahian juga bisa terjadi pada kucing yang hidup bersama dalam satu rumah. Jadi, jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, maka bukan tidak mungkin perkelahian ini akan terjadi.


2. Agresif

Selain masalah wilayah atau teritorial, penyebab kucing berkelahi selanjutnya yaitu karena sifat agresifnya. Hal ini bisa dipicu dari hormon kucing pada saat birahi. Beberapa kucing umumnya bisa menjadi agresif apalagi kucing jantan. Sifat agresif juga biasanya bisa dialami oleh kucing betina yang akan hamil atau birahi. Mereka cenderung akan lebih agresif ketika didekati kucing lain sehingga perkelahianpun akan terjadi.


3. Hierarki

Saat kucing hidup dalam kelompok, hierarki akan diterapkan diantara mereka. Akan ada satu kucing yang menjadi penguasa dan biasanya adalah kucing jantan (alpha male). Nah, jika salah satu kucing tidak menghargai hierarki tersebut, maka agresi akan muncul sehingga ini yang menjadi pemicu perkelahian.


4. Sedang Bermain

Penyebab lain kucing berkelai yaitu bisa saja karena sedang bermain. Ya, kucing memang selalu bermain dengan teman sesama kucingnya seperti sedang berkelahi walaupun maksudnya tidak seperti itu. Terkadang, mereka akan saling mengejar dan mencakar satu sama lain.

Hal ini biasa terjadi, namun jika dibiarkan bisa saja meningkat menjadi perkelahian yang sesungguhnya dan dikhawatirkan akan merusak barang yang ada di rumah. Jadi jika terjadi hal tersebut, maka pisahkanlah kucing-kucing tersebut demi keamanan bersama

.

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Kucing Berkelahi?


foto oleh flickr


Walaupun hal yang umum terjadi, kucing berkelahi akan cukup mengganggu kita sebagai pemilik. Selain itu, Anda juga pastinya akan merasa khawatir jika nantinya kucing akan terluka. Anda perlu melerainya namun tentu tidak mudah untuk melerai kucing yang sedang berkelahi.

Melerai atau menghentikan kucing yang sedang berkelahi itu mendesak namun berbahaya jadi penting untuk benar-benar Anda perhatikan. Dan berikut ini cara melerai kucing berkelahi yang sebaiknya diketahui:


Cara 1: Stop Gunakan Tangan Untuk Memisahkannya!

Hal pertama yang harus Anda tahu yaitu jangan memisahkan kucing yang sedang berkelahi dengan tangan. Jika hal ini dilakukan, justru tangan Anda yang akan menjadi sasaran, lho! Selain tidak boleh menggunakan tangan, Anda juga tidak boleh menggunakan alat seperti sapu atau lainnya untuk memisahkan kucing dari perkelahiannya.

Jadi, bagaimana solusinya? Nah, solusi terbaik untuk memisahkan kucing yang sedang berkelahi yaitu dengan mengalihkan perhatiannya seperti teriakan, melempar benda atau suara keras. Anda bisa menyemprotkan air sedikit ke arahnya. Ini bisa menjadi solusi paling tepat karena kucing cukup reaktif dengan rangsangan tersebut.


Cara 2: Tempatkan Kucing Di Ruangan Berbeda

Jika perkelahian ini terjadi pada kucing yang serumah, maka setelah Anda berhasil memisahkannya maka pisahkanlah kucing tersebut dan tempatkan di tempat berbeda. Ya, tempatkan kedua kucing tersebut di ruangan terpisah sampai mereka tenang.

Dalam hal ini, jangan sampai Anda menghukumnya karena ini hanya akan menambah kecemasan saja. Jika kedua kucing sudah lebih tenang, maka Anda bisa melakukan pendekatan secara perlahan sehingga mereka tidak progresif dan perkelahian tidak akan terjadi lagi.

Di atas merupakan dua cara tepat untuk merelai kucing yang sedang berkelahi. Walaupun Anda sudah melerainya, perkelahian bisa saja terjadi di waktu yang akan datang. Jadi, selain mengetahui cara melerainya, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mencegah agar peluang perkelahian tersebut semakin minim terjadi. Berikut cara mencegahnya:

  • Cari tahu apa yang menjadi penyebab kucing berkelahi dan selesaikan. Penyebab umum yang sering terjadi seperti kekurangan makanan atau mungkin tempat bermain/tidur yang sempit.

  • Jika Anda memelihara kucing lebih dari satu, maka sebaiknya siapkanlah tempat makan/minum, tempat kotoran serta tempat tidur yang terpisah.

  • Sebaiknya Anda juga menyiapkan alat pendukung (tempat makan, minum, buang kotoran dll) dengan jumlah sedikit lebih banyak dari jumlah kucing untuk mengurangi risiko perkelahian. Misal jika ada 4 kucing, maka siapkan 5 alat pendukung ini.

  • Alihkanlah perhatian dengan cara melempar mainan ketika melihat kucing Anda mulai saling mengancam.

  • Mengebiri kucing, cara ini bisa mengurangi sifat agresif serta teritorial.

  • Gunakan feromon buatan, walaupun harus disetuju oleh dokter hewan terlebih dahulu, namun feromon membantu kucing merasa nyaman di tempatnya terutama saat mereka saling mengenal.

Itulah sekilas tentang penyebab dan cara melerai hingga cara mencegah kucing berkelahi. Perlu diingat bahwa secara umum kucing memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang kerap terlibat perkelahian dengan hewan lain. Kucing juga memiliki organ khusus untuk melindungi diri ketika berkelahi. Namun ada baiknya Anda mengerti cara melerainya agar tidak melukai anabul Anda. Semoga bermanfaat!


Kommentare


Post: Blog2 Post
bottom of page