Mengenal Si Mata Hijau, Kucing Russian Blue Dan Perbedaannya Dengan British Short Hair (BSH)


foto oleh pixabay


Sebagai pecinta hewan berbulu seperti halnya kucing, pastinya anda tahu betul jika kini ada banyak sekali ras kucing yang bisa anda miliki. Salah satunya seperti kucing Russian Blue yang merupakan kucing ras dengan ciri khas memiliki bulu berwarna abu kebiruan. Kucing ini memiliki karakter yang aktif, cerdas dan menggemaskan sehingga tidak heran banyak sekali orang yang ingin memilikinya.


Asal Usul Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue atau disebut juga sebagai kucing Arkhangelsk biru merupakan kucing ras yang berasal dari Pelabuhan Arkhangelsk, Rusia. Kucing Russian Blue menjadi kucing ras alami yang diadopsi ke Inggris serta Eropa Utara sekitar tahun 1860. Russian Blue dikembangkan di Rusia serta negara-negara Skandinavia sampai perang dunia II.

Di Amerika Serikat, banyak sekali peternak kucing yang menciptakan Russian Blue modern. Caranya yaitu dengan menggabungkan jalur keturunan Russian Blue Skandinavia dengan Rusisian Blue Inggris. Ya, sejak dulu kucing ini memang kerap digunakan untuk menciptakan ras kucing lain misalnya seperti kucing Havana Brown.

Pada sekitar tahun 1875, kucing Russian Blue mengikuti kontes untuk pertamakalinya di luar negara Rusia, tepatnya di Crystal Palace, Inggris. Setelah kontes pertamanya ini, Russian Blue mulai populer dan kini menjadi kucing ras incaran semua orang tak terkecuali para pesohor dunia.


Ciri-Ciri Fisik Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue memiliki beberapa ciri fisik yang menjadi pembeda dari kucing ras lainnya. Berikut ini beberapa ciri-cirinya:

  • Memiliki bulu yang pendek namun tebal dan sangat lembut ketika disentuh.

  • Umumnya memiliki warna bilu abu-abu kebiruan.

  • Memiliki struktur wajah berbentuk segitiga.

  • Umumnya memiliki mata hijau cerah dan bulat.

  • Memiliki tulang pipi yang terlihat tegas.

  • Memiliki moncong yang maju sehingga terlihat jelas garis mulutnya seperti tersenym.

  • Memiliki tubuh yang panjang namun ramping.

  • Memiliki leher yang pendek.


Itulah ciri-ciri fisik dari kucing Russian Blue yang pastinya perlu anda ketahui agar tidak salah pilih. Terlepas dari ciri fisiknya, kucing Russian Blue memiliki sifat yang sangat setia, cerdas, ramah dan memiliki rasa penasaran tinggi. Namun yang unik dari sifatnya yaitu kucing ini sedikit pemalu jika bertemu orang baru. Menggemaskan bukan?


Perbedaan Kucing Russian Blue Dengan British Short Hair

Kucing jenis raussian blue ini sering dikaitkan dengan jenis kucing yang lagi naik daun diantara kalangan pecinta kucing ras di Indonesia yaitu British Shorthair. Walaupun sebenarnya memiliki ciri fisik yang berbeda dengan kucing jenis lainnya, namun kucing Russian Blue seringkali disamakan dengan British Short Hair. Hal ini tentu wajar karena keduanya memiliki warna bulu yang khas yaitu abu kebiruan. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat orang awam cukup sulit membedakan antara kucing Russian Blue dengan British Short Hair.

Agar anda tidak salah pilih, maka berikut ini perbedaan kucing Russian Blue dengan British Short Hair yang sebaiknya anda ketahui:


Penampilan

Perbedaan pertama bisa dilihat dari penampilannya. Jika dilihat dari penampilannya, Russian Blue memiliki tubuh yang langsing. Hal tersebut berbeda dengan kucing British Short Hair yang memiliki tubuh lebih berotot. Bagian ekor British Short Hair juga lebih tebal dan tumpul dibandingkan dengan Russian Blue.

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari bentuk wajah dimana British Short Hair memiliki wajah yang tembem sementara Russian Blue memiliki wajah yang tirus. Perbedaan yang paling mencolok bisa anda lihat dari matanya dimana Russian Blue memiliki warna mata hijau sementara British memiliki warna mata yang kuning.


Sifat

Tak hanya penampilan saja yang berbeda, Russian Blue dan British Short Hair juga memiliki sifat yang serupa namun tak sama. Walaupun keduanya sama-sama pendiam, Russian Blue memiliki sifat yang lebih santai dibandingkan British Short Hair. Tidak hanya itu saja, Russian Blue juga lebih suka memanjat dibandingkan dengan British Short Hair.


Angka Harapan Hidup

Semua hewan pastinya memiliki angka harapan hidup yang berbeda. Begitupun dengan kucing Russian Blue dan British Short Hair. Walaupun keduanya memiliki angka harapan hidup yang sama yaitu sampai dua dekade namun terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian.

British Short Hair lebih rentan terhadap penyakit turunan seperti hemofillia B serta HCM. Berbeda dengan Russian Blue dimana anda tidak perlu khawatir mengenai penyakit turunan. Namun perlu diingat bahwa anda perlu menjaganya dari berbagai penyakit umum yang menyerang kucing.


Kepekaan

Perbedaan terakhir bisa dilihat dari kepekaannya atau reaksinya terhadap orang ataupun mahluk hidup lain yang ditemuinya. British Short Hair memiliki sifat lebih ramah untuk anak-anak serta hewan lain yang berada di satu tempat. Jika sedang merasa tertekan, kucing ini akan menyingkir dari situasi. Namun Russian Blue tidak sesabar British Shorthair.


Itulah sekilas tentang kucing Russian Blue dan perbedaan dengan British Short Hair. Dengan menyimak ulasan diatas tentu anda bisa lebih tahu tentang kucing Rusian Blue dan perbedaannya dengan British Short Hair. Jangan lupa untuk follow akun instagram kawan hewan di @kawan.hewan untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Kucing British Short Hair, Lucu, Gemas dan Unik
40 views0 comments