Tidak Perlu Panik, Simak Berikut Tanda Tanda Kucing Hamil Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Apakah anda kini sedang memelihara kucing betina yang belum disteril? Jika Ya, maka tentu hal yang lumrah jika suatu hari kucing kesayangan anda hamil. Bagi sebagian pemilik, kehamilan kucing betina menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu karena anak-anak kucing yang menggemaskan akan segera hadir dan lebih menghangatkan suasana rumah. Namun, bagaimana sebenarnya tanda-tanda kucing hamil? Simak berikut ulasannya!


Tanda-Tanda Kucing Hamil Yang Sebaiknya Diketahui!

Walaupun merupakan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu, namun nyatanya tidak sedikit Pawrent yang belum mengetahui bagaimana tanda-tanda kucing hamil. Padahal, hal ini tentu sangatlah penting karena pastinya perawatan kucing hamil dengan kucing yang tidak hamil akan berbeda.

Nah, bagi anda yang masih bertanya-tanya bagaimana sebenarnya tanda-tanda kucing hamil, simak berikut ini beberapa tandanya:


1. Terjadi Perubahan Pada Puting Susu

Tanda-tanda kucing hamil tentu saja bisa anda lihat dari putting susunya. Putting kucing yang sedang hamil umumnya terlihat lebih besar dan merah. Biasanya hal ini terjadi ketika usia kehamilannya sekitar 15 – 18 minggu. Kondisi putting membesar dan terlihat berwarna merah ini menjadi hal yang wajar dimana banyak yang menyebutnya sebagai pinking-up.


2. Kucing Muntah

Bukan tidak mungkin juga jika kucing yang sedang hamil juga akan mengalami muntah-muntah. Namun dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut jika kondisi tersebut terjadi apalagi jika muntah yang terjadi cukup parah.


Baca juga : Cat Lovers Wajib Tahu! Inilah Berbagai Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengatasinya

3. Perut Membesar

Kucing yang sedang hamil juga ditandai dengan bagian perut yang membesar. Perut kucing membesar ini tentu saja dikarenakan adanya janin yang terus berkembang setiap harinya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.


4. Kenaikan Berat Badan

Sama halnya seperti manusia, kucing yang sedang hamil juga umumnya akan mengalami kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini tergantung junlah anak yang ada didalam perut. Jika lebih dari 3 anak maka kemungkinan kenaikannya akan sangat drastis.


5. Nafsu Makan Meningkat

Kucing yang sedang hamil juga cenderung memiliki nafsu makan yang meningkat. Kucing hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak karena nutrisi tersebut tidak hanya untuk tubuhnya saja melainkan juga untuk anak yang ada didalam kandungan. Biasanya kucing yang sedang hamil akan makan 1,5x lipat dari makanan normal mereka sebelum kehamilan.

Itulah beberapa tanda-tanda kucing hamil yang sebaiknya anda ketahui. Kucing yang sedang hamil memang seringkali tidak menunjukkan gejala fisik kehamilan sampai memasuki beberapa minggu masa kehamilan.

Tanda-tanda kucing hamil diatas memang bisa membantu anda mengetahui apakah kucing anda hamil atau tidak. Namun tanda-tanda diatas juga tidak selalu menunjukkan bahwa kucing hamil, misalnya seperti muntah. Banyak kondisi yang bisa membuat kucing muntah sehingga untuk lebih memastikannya anda bisa membawanya ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa dan dilakukan USG.


Ultrasonografi (USG) Cara Terbaik Mengetahui Kehamilan Kucing

Ultrasonografi (USG) pada kucing bisa menjadi solusi terbaik untuk mengetahui kehamilan kucing. USG pada kucing ini sebagai salah satu cara untuk memastikan apakah kucing hamil atau tidak. Anda bisa melakukan tindakan USG setelah melihat tanda-tanda hamil diatas.

USG juga tidak hanya disarankan untuk mengetahui kehamilan saja, namun USG juga dianjurkan selama masa kehamilan kucing. USG ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui perkembangan anak kucing yang ada didalam perut. Namun tindakan USG ini tidak dapat memberitahu berapa banyak anak kucing didalam kandungan.

Nah, jika anda ingin tahu berapa banyak anak kucing yang ada didalam perut, maka tindakan yang bisa anda lakukan yaitu dengan Sinar-X. Baik itu USG ataupun Sinar-X pada kucing bisa anda lakukan dengan mengunjungi dokter hewan terdekat. Carilah klinik hewan yang memiliki fasilitas lengkap agar anda bisa berkonsultasi sekaligus memeriksa kondisi kucing anda.

Kehamilan kucing biasanya berlangsung sekitar 63 – 67 hari. Namun sulit untuk mengetahui secara pasti berapa lama kucing hamil karena bisa berbeda setiap jenis kucingnya. Untuk itu, sebaiknya Anda bisa membawa kucing kesayangan ke dokter hewan terdekat agar bisa berkonsultasi.


Itulah sekilas tentang tanda-tanda kucing hamil. Jika Anda telah mengetahui bahwa kucing anda hamil, segera penuhi kebutuhan nutrisinya agar kebutuhan kucing induk dan anak kucing tercukupi. Berikan pakan dengan kandungan asam folat dan taurine yang cukup karena diperlukan untuk kehamilan anak kucing. Semoga bermanfaat!

3 views0 comments